Analisis Secara Deskriftif Lingkungan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Latri Aras(1), Muh Irfan(2*), Muhammad Amran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.52064

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian dekritif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetaui deskripsi lingkungan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran lingkungan kelas dimana 44 siswa yang diberikan angket dan 41 meberikan respon kategori sangat baik terdapat 41 dengan persentase 93,18% dan untuk gambaran motivasi siswa berkategori sangat baik terdapat 40 siswa dengan persentase 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa lingkungan  kelas dan motivasi siswa sekolah dasar di 176 Dabbare Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat baik dengan apabila hal ini terjadi secara kontinyu maka tentunya berdampak terhadap prestasi siswa.


Keywords


Lingkungan Kelas; Motivasi Belajar; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pndidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahu 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta. Depdiknas.

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Dari Aspek Bahasa. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. Https://Doi.Org/10.29210/3003910000

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hasbullah. 2013. Dasaar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustafidah, Datul, Ifa dkk, 2022. Prestasi Belajar Siswa di Era Covid 19: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Procedeng International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021

Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKU UNNES.

Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, R&D Bandung: Alfabeta.

Sumar,Tune,Warni, 2020. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Jambura Jurnal of Education Management. Volume 1 No. 1. Hal. 50-59.

https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara Widoyoko.

Webb, S., Massey, D., Goggans, M., & Flajole, K. (2019). Thirty‐Five Years Of The Gradual Release Of Responsibility: Scaffolding Toward Complex And Responsive Teaching. The Reading Teacher, 73(1), 75–83. Https://Doi.Org/10.1002/Trtr.1799


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Latri Aras, Muh Irfan, Muh Irfan, Muhammad Amran, Muhammad Amran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya