Analisis Secara Deskriftif Lingkungan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.52064
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dekritif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetaui deskripsi lingkungan kelas dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran lingkungan kelas dimana 44 siswa yang diberikan angket dan 41 meberikan respon kategori sangat baik terdapat 41 dengan persentase 93,18% dan untuk gambaran motivasi siswa berkategori sangat baik terdapat 40 siswa dengan persentase 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa lingkungan kelas dan motivasi siswa sekolah dasar di 176 Dabbare Kabupaten Soppeng berada pada kategori sangat baik dengan apabila hal ini terjadi secara kontinyu maka tentunya berdampak terhadap prestasi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2010. Psikologi Pndidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahu 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta. Depdiknas.
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Dari Aspek Bahasa. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. Https://Doi.Org/10.29210/3003910000
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Hasbullah. 2013. Dasaar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustafidah, Datul, Ifa dkk, 2022. Prestasi Belajar Siswa di Era Covid 19: Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar di MI Se-Kecamatan Sumbergempol Tulungagung. Procedeng International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021
Prawira, Purwa Atmaja. 2014. Psikologi pendidikan Dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKU UNNES.
Sardiman A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, R&D Bandung: Alfabeta.
Sumar,Tune,Warni, 2020. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Jambura Jurnal of Education Management. Volume 1 No. 1. Hal. 50-59.
https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara Widoyoko.
Webb, S., Massey, D., Goggans, M., & Flajole, K. (2019). Thirty‐Five Years Of The Gradual Release Of Responsibility: Scaffolding Toward Complex And Responsive Teaching. The Reading Teacher, 73(1), 75–83. Https://Doi.Org/10.1002/Trtr.1799
Article Metrics
Abstract view : 169 times | PDF view : 69 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Latri Aras, Muh Irfan, Muh Irfan, Muhammad Amran, Muhammad Amran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: [email protected]
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: