PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 1 SD

Refida Yesi(1), Hidayati Azkiya(2*), Syofiani Syofiani(3), Wirnita Wirnita(4),

(1) UNIVERSITAS BUNG HATTA
(2) UNIVERSITAS BUNG HATTA
(3) UNIVERSITAS BUNG HATTA
(4) UNIVERSITAS BUNG HATTA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.51692

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas I di SD Negeri 14 Padang Aro Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode global kelas I SD Negeri 14 Padang Aro Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 69,04% meningkat menjadi 80,95% pada siklus II. Pada lembar observasi kegiatan siswa pada siklus I sebesar 71,87% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Nilai tes membaca permulaan melalui metode global pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 77,94 dengan persentase ketuntasan 70,58% terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,23 dengan persentase ketuntasan 82,35%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan membaca permulaan menggunakan metode global pada siswa kelas I SD Negeri 14 Padang Aro Kabupaten Pasaman. 


Keywords


Kemampuan; Membaca Permulaan; Metode Global; Observasi

Full Text:

PDF

References


Aji, G. P., & Riyanto, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Tematik Dengan Metode Global Kelas 1 Sdn Kajen 02. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 2(3), 93-98.

Arikunto, dkk. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307.

Kasmawati, Sisi La, Juwairiyah A, Parisu L. C. Z. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Metode Steinberg Yang Efektif di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. No 1. Hal-45.

Krissandi, dkk. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk SD. Jakarta: Media Maxima.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597.

Rahim, Farida. (2018). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Riyanti, Asih. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Rukayah, dkk (2022). Pengaruh Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol, 6. No, 2. Tahun 2022

Salam, R., Amrah, A., & Aulia, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Global Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Upt Spf SD Negeri Tallo Tua 69 Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 1(3), 300-318.

Salsabila, A. (2022). Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SDN 2 Jatimulyo Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Setiawan, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Global Pada Peserta Didik Kelas I MIN 08 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Solchan, T. W., dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

St. Y. Slamet. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, Edisi II. Cet. 3.2017.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (1990). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardhani, Igak & Wihardit, Kuswaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. (1990). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wardhani, Igak & Wihardit, Kuswaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 329 times | PDF view : 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Refida Yesi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya