Upaya Guru Fikih dalam Meningkatkan Kualitas Praktik Ibadah Siswa
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.51620
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan hasil yang maksimal. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model discovery learning pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 27 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 3,15%. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa juga terjadi pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,63%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan sebesar 7,78%. Model pembelajaran discovery learning perlu terus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran tematik karena dengan model pembelajaran tematik, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat memfasilitasi kebutuhan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatifnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirah, S. (2014). Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Ibadah Sholat pada Siswa Kelas III SD N 3 Panggang Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. Digilib.Uin-Suka.Ac.Id.
Efendi, R., Dirgayunita, A., & Dheasari, A. E. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa SMP Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 32–41. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I2.3850
Halimurosid, A., Syafe’i.R, & Fathurrohman.A. (2021). Kreatifitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI. TANZHIMUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.54213/TANZHIMUNA.V1I1.64
Insan Jauhari, M. (2021). Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik di Madrasah. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 205–214. https://doi.org/10.32332/TARBAWIYAH.V4I2.2128
Iqbal, M. (2019). Penerapan Kompetensi Pedogogik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Pendidikan Islam. Attractive : Innovative Education Journal, 1(1), 111–143. https://doi.org/10.51278/AJ.V1I1.7
Jakfar, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Fikih melalui Model Market Place Activity di MAN 3 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 103–114. https://doi.org/10.14421/JPM.2018.31-09
Julhadi, J., Sirojuddin, A., Arifin, S., Elihami, E., & Nazilah, R. (2022). The Creativity of The Quran Hadith Teacher to Overcome Students’ Learning Difficulties. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 7239–7248. https://doi.org/10.35445/ALISHLAH.V14I4.2534
Khotimah, K. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Berjama’ah (Studi pada SMK N I Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun 2018). Http://E-Repository.Perpus.Iainsalatiga.Ac.Id/6296/.
Laily, N. (2021). Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1437–1445. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I4.596
Lestari, F. A. (2020). Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Etheses.Iainponorogo.Ac.Id.
Lutfi, A. F., & Usamah, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash untuk mata pelajaran fikih dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 219–232. https://doi.org/10.30868/EI.V8I2.490
Mansir, F. (2021). Analisis model-model pembelajaran fikih yang aktual dalam merespons isu sosial di sekolah dan madrasah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 88–99. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4212
Masruroh, B. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa Klas VIII di SMPN 1 Banyakan Kabupaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.33367/INTELEKTUAL.V7I1.359
Najib, M. I. A. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Ibadah Shalat Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Semen. Etheses.Iainkediri.Ac.Id.
Ningsih, hesti rahayu. (2019). Upaya madrasah dalam meningkatkan kualitas lulusan melalui ujian praktik ibadah amaliyah di ma darul huda mayak. Skripsi IAIN Ponorogo Etheses.Iainponorogo.Ac.Id.
Noer, A., Tambak, S., & Rahman, H. (2017). Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah.
Rohmawati, S. A. (2020). Upaya Guru Kelas dalam Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Ibadah Siswa Melalui Pembelajaran Fikih di MI Riyadlotul Uqul Doromampel Sumbergempol Tulungagung. Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id.
Rusby, Z., Hayati, N., & Cahyadi, I. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Al-Hikmah.
Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51–76. https://doi.org/10.35931/AM.V4I1.168
Saepuddin, A. (2018). Merancang Teknik Penilaian Berbasis Kelas: Kasus Guru Fiqih Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 27(1), 47–65. https://www.neliti.com/publications/120401/
Sirojuddin, A., Arifin, S., & Nazilah, R. (2022). Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa. Walada, 1(2), 47–54. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2534
Subhan Ansori, M., Uswatun Kasanah, S., & Rachman Sidik, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Haji Bagi Peserta Didik, Guru, dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 1(1), 14–24. https://doi.org/10.28926/JPPNU.V1I1.3
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif (p. 456 hlm). http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670
Syukri, M. (2023). Inovasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan islam bagi siswa di MAN Batubara. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 443–455. https://doi.org/10.30868/EI.V10I01.1367
Zarkasi, Z., & Taufik, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Fikih Berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(2), 187–206. https://doi.org/10.21093/SY.V7I2.1787
Article Metrics
Abstract view : 293 times | PDF view : 106 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Chairunnisa Gifari Chairunnisa, Zulfiana Herni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: [email protected]
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: