Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Reka Permata(1*), Yanti Yandri Kusuma(2), Yanti Yandri Kusuma(3), M. Syahrul Rizal(4), M. Syahrul Rizal(5),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(4) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(5) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i2.50195

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN 001 Simalinyang, diketahui bahwa kemampuan berbicara masih rendah Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analis data dapat diketahui bahwa Keterampilan siswa dalam berbicara siswa sebelum tindakan diperoleh sebesar 35% dengan kategori sangat kurang, meningkat pada siklus I pertemuan I sebesar 50% dengan kategori sangat kurang dan di pertemuan II 65% dengan kategori kurang. Pada siklus II pertemuan I sebesar 75% dengan kategori cukup dan di pertemuan II menjadi 85% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model student fasilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V di SDN 001 Simalinyang

 


Keywords


Model Student Fasilitator and Explaining; Keterampilan Berbicara; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-8

Aprinawati, I. (2017). Peninkatan Keterampilan Memerankan Tokoh Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama Siswa Kelas V SD Negeri 024 Kota Pekanbaru. Jurnal Basicedu, 1(2), 42-51.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Baeti, N., S. (2016). Penerapan Model Student Fasilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan sahabt kita kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).

Halik, A., Ilmi, N., & Fadillah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2).

Handayani, W. (2013). Peningkatan Kemampuan berbicara melalui strategi pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas v sd negeri i baleharjo tahun ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hutri, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas V Sekolah Dasar Negri 163 Pekanbaru. Skripsi, Pekanbaru: UIN

Kusuma, Y., Y. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 406-417.

Nugiantoro, (2013) Keterampilan Berbicara. Bandung: Pustaka setia

Santi, P. (2019) Peningkatan Keterampilan Komunikasi Pada Pembelajaran Tematik Subtema Penting Nya Menjaga Makanan Sehat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Fasilitator And Explaining Bagi Siswa Kelas V MI-Al Hidayah Tari Sudoarjo ( 13/9/2019)

Suprijono. (2014) Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining, Model Yang Melibatkan Keaktifan Siswa.

Tuken, R., Ilmi, N,. & Rahmat, A. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 404.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Reka Permata, Yanti Yandri Kusuma, Yanti Yandri Kusuma, M. Syahrul Rizal, M. Syahrul Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya