Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SDN 20 Binamu Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode pembelajaran Show And Tell pada siswa kelas IIV UPT SDN 20 Binamu Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa,dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran Show And Tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV UPT SDN 20 Binamu Kabupaten Jeneponto.
Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-faktoryang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.
Ina Laela & Desiani Natalina (2019) Mengembangkan Kemampuan Ber-bicara Anak Dalam Menceritakan Kembali Dengan Metode Show And Tell. Universitas Pendidikan Indo-nesia,10(1) 76-82.
Mustafa, L. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Metode Show and Tell Pada Siswa Kelompok B si Taman Kanak-kanak Terpadu Baiturrahman Gedangan Sidoarjo. UINSA, 2(2).
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kom-petensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pro-gram Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Permendiknas Pasal 3 Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Sistem pendidikan nasional.
Siswanto & Supeno (2022) Analisis Kompe-tensi Profesional Guru dalam Men-erapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidi-kan,6(1),27-33.
Sidrah Affriani & Makmur Nurdin (2017) Penerapan Model Time Token dalam Meningkkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa.JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Kependidikan,1(1),25-31