Pengaruh Model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar

Rosdiah Salam(1), Hamzah Pagarra(2*), Nuramalia Nuramalia(3),

(1) UNM
(2) Program Studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.48672

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar dengan jumlah 70 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menujukkan bahwa penerapan model RADEC berada pada kategori sangat baik dan kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil tes kemampuan membaca pemahaman kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model RADEC terhadap hasil Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar.

Keywords


Model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC);Kemampuan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.31851/Pernik.V3i2.4839

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443.

Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu/Article/View/960

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca Nyaring. In INA-Rxiv (Kedua, Vol. 2, Issue 1 ISSN). PT Rajagrafindo Persada. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Nj5qk

Fadhil, K. (2018). Pengaruh Model Radec Terhadap Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN Ballewe Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. In Journal Of Controlled Release. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ismail, M. S., Pioke, I., & Ilham, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Radec (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) Terhadap Kemampuan Menghitung Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV MI AL - MOURKY. Student Journal Of Elementary …, 1, 93–105. Https://Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id/Ojs/Index.Php/SJEE/Article/View/1738%0Ahttps://Ejournal-Fip-Ung.Ac.Id/Ojs/Index.Php/SJEE/Article/Download/1738/437

Muhsyanur. (2014). Membaca (Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif) (A. E. Subagyo, R. S. Sulastri, & Asmiani Halid (Eds.)). Buginese Art.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran (A. H. Zein, A. D. Nabila, & A. Y. Wati (Eds.)). Deepublish Publisher.

Ramdhani, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Disscus, Explain, And Create (Radec) Terhadap Kemampuan Metakognitif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Sakdiah, Y. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, Create (Radec) Berbantuan Media Handout Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. February, 6.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hamzah Pagarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya