PENDIDIKAN KARAKTER DAN BUDAYA RELIGIUS (STUDI KASUS DI SD ISLAM SAHABAT ILMU KARAWANG)

Shafa Salsabila Nusa Shafa(1*), Khavisa Pranata Khavisa(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.48515

Abstract


Penelitian ini dibuat karena peneliti menemukan adanya permasalahan pada siswa salah satu Sekolah Dasar Islam di Karawang, yaitu mengalami penurunan etika pada guru pasca pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif, dan bentuk penelitian studi kasus pengamatan lapangan. Berdasarkan data dari hasil penelitian di kelas II SDI Sahabat Ilmu Karawang bahwa untuk keberhasilan dalam menumbuhkan karakter bik pada peserta didik dimulai dari menjaga lingkungan sekolah dengan optimalisasi kegiatan-kegiatan positif yang sudah diterapkan sekolah agar menjadikan siswanya bersemangat menuntut ilmu dengan mulia dan selalu beramal shalih melalui penerapan budaya religius dalam pembelajaran di sekolah, pijakan kelas dan kegiatan ekstrakurikuler dengan adanya dukungan pihak sekolah serta dukungan orangtua, dan usaha siswa untuk menjadi lebih baik dan peduli. Peran budaya religius dalam pendidikan karakter tersebut akan menjadikan siswa beradab dan beriman. Sehingga tujuan dari penelitian ini agar pendidikan karakter di sekolah dasar lebih dikembangkan lagi tingkat kesadaran siswanya terhadap perilaku ilahiyah dan perilaku sosial untuk menciptakan generasi Islam yang berakhlak mulia.


Keywords


Pendidikan Karakter; Budaya Religius; Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Afifah, A. N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Pada Peserta Didik Di Sd Muhammadiyah Purwokerto Utara.

Ansori Yoyo, S. V. F. T. (2018). Menumbuhkan karakter Baik Melalui Peranan Guru Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendas , 4(2).

Diana, A. U. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius melalui Budaya Sekolah (Studi Kasus di SD Ma’arif Ponorogo).

Dwi Wijayanti. (2013). Pendidikan Karakter menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fauzi, M. U., & Khoiriyah, M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Religius Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa. Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 1–15.

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176–189. doi:10.22437/gentala.v1i1.7097

Hidayah, Y. (2016). Pendidikan Karakter Religius Pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjuan Awal. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 191–217.

Kurniawan, A. M. (2019). Analisis penanaman karakter religius siswa sekolah dasar kelas rendah di sekolah dasar berbasis islam di kota purwokerto.

Lestari, T. A. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Jalanan (Studi Kasus di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(1), 96. doi:10.26858/jkp.v1i2.5277

Maola, N., & Pranata, K. (2022). The Influence of Student Team Achievement Division (STAD) Cooperative Learning Model on Third Graders’ Civic Education Learning Outcomes. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 5(2), 225. doi:10.33578/jtlee.v5i2.7924

pramita tristiawati. (2022). krisis sopan santun dampak pandemi sd negeri di tangerang diberi pelatihan mandiri edukasi. Retrieved 8 November 2022, from

https://www.liputan6.com/news/read/5075760/krisis-sopan-santun-dampak-pandemi-sd-negeri-di-tangerang-diberi-pelatihan-mandiri-edukasi

Ruslan, A., Pranata, K., Azizah, N., & Fatayan, A. (2022). Analisis Peran Guru dalam Implementasi Nilai-Nilai Karakter melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(6), 9908–9916. doi:10.31004/basicedu.v6i6.4128

Setyaningsih, R., & Rochma, S. N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan, 3(2), 83–90.

Taofik, T., & Wangid, M. N. (2022). Hubungan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berbasis agama terhadap prestasi belajar siswa. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 136. doi:10.29210/020221320

Valensia, C. (2022). Implementasi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan karakter religius dan tanggung jawab social: Studi kasus di MI Al-Fikri Palembang, (3), 668–676. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/40588/


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Shafa Salsabila Shafa, Khavisa Pranata Khavisa, Khavisa Pranata Khavisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya