Analisis Model Pembelajaran Memirsa Di Kelas 4 SD Muhammadiyah Borobudur Kabupaten Magelang
(1) universitas muhammadiyah magelang
(2) 2Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.48040
Abstract
: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis terhadap keterampilan memirsa pada mata pelajaran di kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis observasi alami (natural observation) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kejadian yang berlangsung selama pengambilan data. Metode pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi, dan pencatatan lapangan selama 20 hari di lokasi penelitian. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa terjadi keterampilan memirsa sebesar 45% dan keterampilan memirsa tidak terjadi sebesar 55%. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 SD Muhammadiyah Borobudur berjumlah 20 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru telah melaksanakan implementasi keterampilan memirsa dalam pembelajaran di kelas 4. Dalam kegiatan memirsa guru menggunakan jenis keterampilan memirsa tipe literasi visual dan memirsa kritis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabu-paten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3149
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. 2(2).
Awliyah, R., Suyadi, S., Jannah, F. R., & Mustofa, A. (2021). Aspek Perkem-bangan Bahasa Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 99.
Https://Doi.Org/10.30734/Jpe.V8i1.1045
Corpuz, W. (2017). Viewing Skills: Under-standing The Word And The World. 5(3).
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Dari Aspek Bahasa. Jrti (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. Https://Doi.Org/10.29210/3003910000
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2). Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V5i2.4230
Hadi, S., Rijal, S., & Hanum, I. S. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua Pada Siswa Kelas Iii Sdn 011 Sebulu Ka-bupaten Kutai Kartanegara: Kajian Psikolinguistik. 3(3).
Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual Di Sekolah Dasar: Improvement Of Students ’Speech Skills Through The Assisted Role Playing Model Visual Media In Basic School. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660.
Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V5i1.884
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. 1.
Mulyadi, Y., & Wikanengsih, W. (2022). Im-plementasi Keterampilan Berbahasa Memirsa Dalam Capaian Pembela-jaran Kurikulum Prototipe Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Pada Program Sekolah Penggerak. Semantik, 11(1), 47–60. Https://Doi.Org/10.22460/Semantik.V11i1.P47-60
Permata, R., Kusuma, Y. Y., & Rizal, M. S. (2023). Penerapan Model Pembela-jaran Student Fasilitator And Ex-plaining Untuk Meningkatkan Ket-erampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual
Article Metrics
Abstract view : 159 times | PDF view : 425 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 indriya prabawaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: [email protected]
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: