PEMBELAJARAN BERBASIS BUMEDI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Sri Rejeki(1*), Ana Fitrotun Nisa(2),

(1) SD Negeri Kalasan 1
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.47715

Abstract


Penelitian ini menelaah tentang implementasi BUMEDI pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN Kalasan 1, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan implementasi BUMEDI dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 4 siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data adalah reduksi data yang sudah dikumpulkan diproses, diseleksi, difokuskan, dan disederhanakan.tar dan menggali lebih dalam lagi dengan bantuan media digital. Berdasarkan   analisis   data   hasil   ulangan   harian   pada   Kompetensi   Dasar   tersebut menunjukkan 100% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu melalui pembelajaran berbasis BUMEDI, berdasarkan kuisioner yang diisi oleh siswa menunjukkan bahwa  motivasi  belajar  siswa  pada  sejarah  menjadi  meningkat.  Dengan  demikian, implementasi pembelajaran berbasis BUMEDI mampu meningkatkan mutu pembelajaran IPS, baik proses maupun hasil belajar.


Keywords


bumedi ; motivasi; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulgani, R. (1983). Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia. Pustaka Antar Kata.

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif (Vol. 1).

Ali, R. M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Lkis.

Aras, L., & Mahmud, R. (2022). Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran Ma-tematika Berbasis. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol,6. No,3, 649–661.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Rajawali Press.

Azizah, A., & Realita Fatamorgana, F. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna, Jurnal Pendidikan Guru Ibtidaiyah, Vol 3 No 1.

Briggs, L. J. (1993). MEDIA PEMBELAJA-RAN. CV Wacana Prima.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Hendra, Arfiyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Nur Laila, S., Fajar Prakasa, Y., Putra Ahmad Hasibuan, R., & Dzulfikri Almufti Asyhar, A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Nasution, S. (2012). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Ana-lisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Prosiding Seminar Nasional …. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555

Sardiman. (1986). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Se-buah Kerangka Konseptual. IN-OPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Syawaludin, A., Makasau, A., & Fitriani Jamal, I. (2019).

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol,3.cNo,3.

Yamin, M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Lkis.


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Rejeki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya