PEMBELAJARAN BERBASIS BUMEDI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
(1) SD Negeri Kalasan 1
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.47715
Abstract
Penelitian ini menelaah tentang implementasi BUMEDI pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN Kalasan 1, Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan implementasi BUMEDI dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari 4 siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data adalah reduksi data yang sudah dikumpulkan diproses, diseleksi, difokuskan, dan disederhanakan.tar dan menggali lebih dalam lagi dengan bantuan media digital. Berdasarkan analisis data hasil ulangan harian pada Kompetensi Dasar tersebut menunjukkan 100% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Selain itu melalui pembelajaran berbasis BUMEDI, berdasarkan kuisioner yang diisi oleh siswa menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada sejarah menjadi meningkat. Dengan demikian, implementasi pembelajaran berbasis BUMEDI mampu meningkatkan mutu pembelajaran IPS, baik proses maupun hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulgani, R. (1983). Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia. Pustaka Antar Kata.
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif (Vol. 1).
Ali, R. M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Lkis.
Aras, L., & Mahmud, R. (2022). Pengem-bangan Perangkat Pembelajaran Ma-tematika Berbasis. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol,6. No,3, 649–661.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Rajawali Press.
Azizah, A., & Realita Fatamorgana, F. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Auladuna, Jurnal Pendidikan Guru Ibtidaiyah, Vol 3 No 1.
Briggs, L. J. (1993). MEDIA PEMBELAJA-RAN. CV Wacana Prima.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Hendra, Arfiyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Nur Laila, S., Fajar Prakasa, Y., Putra Ahmad Hasibuan, R., & Dzulfikri Almufti Asyhar, A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Nasution, S. (2012). Teknologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Ana-lisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Prosiding Seminar Nasional …. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555
Sardiman. (1986). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Se-buah Kerangka Konseptual. IN-OPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316
Syawaludin, A., Makasau, A., & Fitriani Jamal, I. (2019).
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, Vol,3.cNo,3.
Yamin, M. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Lkis.
Article Metrics
Abstract view : 81 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sri Rejeki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: [email protected]
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: