Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Topik Tata Surya Kelas 7
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Univesitas PGRI Madiun
(3) Univesitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.47070
Abstract
Penelitian difokuskan pada variabel kreativitas dan hasil belajar untuk mengetahui peningkatannya dalam kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu PTK yang dimulai dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subject penelitian ini dilaksanakan sebanyak 32 siswa pada kelas VII. Instrumen penelitian untuk mengetahui peningkatan kreativitas dilakukan dengan menggunakan angket kreativitas belajar di awal dan akhir kegiatan, tes diagnostik dan posttest untuk hasil belajar di setiap proses pelaksanaan siklus. Jenis tindakan penelitian menggunakan tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian kreativitas siswa pada pra siklus sebanyak 18,75% siswa memiliki kriteria kreativitas baik, sebanyak 81,25% siswa memiliki kriteria kreativitas cukup baik. Kemudian dilaksanakan penelitian dan didapatkan hasil kreativitas siswa pada pasca sebanyak 6,25% memiliki kriteria kreativitas sangat baik, sebanyak 53,11% memiliki kriteria kreativitas baik, dan 40,63% memiliki kriteria kreativitas yang cukup baik. Hasil belajar siswa menunjukan pada pra siklus sebanyak 37,50% siswa tuntas , pada siklus 1 sebanyak 81% siswa tuntas, dan pada siklus 2 sebanyak 100% siswa tuntas. Terlihat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Keywords
References
Arimbawa, P., Sadia, I., Tika I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Ber-basis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Sehari-Hari Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. E-Journal Program Pas-casarjana Universitas Ganesha. Vol.3
Astuti, T. A., Nurhayati, N., Ristanto, R. H., & Rusdi, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Me-ta-Analisis. JPBIO (Jurnal Pendidi-kan Biologi), 4(2), 67–74.
Cenberci, S & Yavuz, A. (2018). The
Correlation Between the
Creative Thinking Tendency of Mathematics Teacher Candidates and Their Attitudes Towards Instructional Technologies and Material Design Lesson. World Journal ofEducation, 8 (3), 95-106.
Dwikoranto, dkk. (2020). Effectiveness of Project Based Laboratory Learning to Increase Student’s Science Process Skills and Creativity. Journal of Physics: Conference Series 1491(1), 1-12.
Guo, Z. (2016). The Cultivation of 4C’s in
China Critical Thinking,
Communication, International Con-ference on Education. Management and Applied Social
Science, 1-4.
Harahap, Dewi Handayani and Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan
Belajar Matematika Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11, 20–30.
Ksenia. (2020). Editorial Developing Creativity Through STEM Subjects Integrated With The Art. Journal of STEM Arts, Craft, and Constructions, 4(1), 1-15.
Made wena. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta : Bumi Aksara
Nurmalia, dkk. (2020). Enchancing Student’s Creativity by Implementing Pro-ject-Based Learning (PjBL) in Bio-diversitt Concept. Journal Of Physics, 1460 (2020), 1-7.
Rodiyah, Hadiyautul. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kreativi-tas siswa pada Tema 8 Kelas V. Jurnal DIDIKA, 7 (2), 347-357.
Rosyida, U. N., Sukarmin., & Sunarno.
(2020). 7Th Grade Student’S Creativity Analysis on Science Learning. Journal of Physics: Conference Series 1567(4), 1-6.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme
dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.
Supena, Ilyas.(2021). The Influence of 4C
(Constructive, Critical, Creativity,
Collaborative) Learning Model on
Stundent’s Learning Outcomes.
International Journal Of
Instruction, 14 (3), 873- 892.
Tarawi, O.,Noer., & Linda. 2020. The Development of Acid-Base e-Chemistry Magazine as Interactive Teaching Materials. Journal of Physics: Conference Series 1440 (1).
Thohari, dkk. (2020). Student’s creativity
level on solving mathematics
problem. Journal Of Physics
Conference Series, 1613 (2020), 1-8.
Tiantong & Siksen. (2013). The Online
Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science. 3(7): 204-211
Torrance, P. (1965). Scientific Views of Creativity and Factors Affecting Its Growth. MIT Press, 94(3), 663-681.
Turner,B. (2014). “Northeast Tennessee Educators’ Perception of Stem Education Implementation.” Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 1202, 1-98 .
Utari, D., Noor F & Lisa T. (2017).
Kemampuan Representasi Siswa
pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Animasi Berbasis Representasi Kimia. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 6, (3), 414-426.
Wilda.2020. Pengaruh Kreativitas dan Minat
Belajar terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa. Pedaogy journal,
(1), 134-160.
Yulianti, E, Itsna, Y., & Susilowat. (2018). The Role of Inquiry-Based Interactive Demonstration Learning Model on VIII Grade Students’ Higher Order Thinking Skill. Journal of Science Education Research 2(1): 35–38.
Article Metrics
Abstract view : 249 times | PDF view : 314 times PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yanuan Widiarani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: