Kecerdasan Emosional Korelasinya Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Rosmalah Rosmalah(1*), Firdaus Firdaus(2), Nurul Fitri(3), Amirullah Amirullah(4),

(1) 
(2) 
(3) 
(4) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i2.46934

Abstract


This is correlational quantitative research that aims to determine whether or not there is a significant relationship between emotional intelligence 986 and mathematics achievement of fifth grade UPTD SPF SDN 3 Lemba District, Lalabata District, Soppeng Regency. The sampling technique is a saturated sample of 47 students. The data collection technique was carried out using a questionnaire and tests for the mathematics subject in the even semester of the 2022/2023 academic year. Data analysis techniques consist of descriptive and inferential analysis. Based on the descriptive results, it shows that emotional intelligence gets an average of 95.28 in the medium category and mathematics learning achievement gets an average of 32.45 in the medium category. Based on the results of the inferential analysis, it shows that at a significance level of 5%, the value of rcount > rtable (0.372 > 0.2876) so it can be concluded that there is significant relationship between emotional intelligence and mathematics learning achievement for fifth grade students of UPTD SPF SDN 3 in the low category at intervals of 0.20 - 0.399.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Negara, H. P., & Kurwniawati, K. R. A. 2021. Korelasi Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. EL-HIKAM : Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 16(2).

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV. Cahaya Bintang Cemerlang.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu, D. H. 2022. Hubungan Kecerdasan Emosional Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas Tinggi SDN 10 Ulakan Tapakis Padangpariaman. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(2).

Azwar, S. 2021. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DA, F. 2020. Analisis Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas V SDN 204 Palembang. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1).

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Eva, L. M., & Kusrini, M. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(3).

Fajrindy, A. N. 2014. Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Agama Islam. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Falah, Y. N. 2015. Hubungan Kecerdasan Intelektual (IQ) dengan Kecerdasan Emosional (EQ). Tribakti : Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2).

Firdaus. 2023. Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Watampone: CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Firdaus, Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry. 2015. Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, 9(3).

Goleman, D. 2016. Emotional Intelligence : Diterjemahkan oleh Sukoco. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, A. R., Sulistiawati, & Arifin, S. 2018. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Prest/asi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 3(2).

Marhaeni, N. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Segugus 1 Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(4).

Meisyuri, A. R., Muncarno, & Astuti, N. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Matematika SD. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(13).

Mirnawati, & Basri, M. 2018. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1).2

Muslim. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sleman: Penerbit Deepublish.

Nasril, & Ulfatmi. 2018. Melacak Konsep Dasar Kecerdasan Emosional. Al-Irsyad : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1).

Nggermanto, A. 2015. Kecerdasan Quantum Melejitkan IQ, EQ, dan SQ. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Nurfalah, Y. 2015. Hubungan Kecerdasan Intelektual (IQ) dengan Kecerdasan Emosional (IE). Tribakti : Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2).

Purnomo, H. 2020. Psikologi Peserta Didik. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Rahman, U. 2014. Memahami Psikologi dalam Pendidikan (Teori dan Aplikadi). Makassar: Alauddin University Press.

Rohman, H. F. 2015. Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salsabila, A., & Puspitasari. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(2).

Siyoto, S., & Sodik, M. A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suralaga, F. 2021. Psikologi Pendidikan : Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Suryani, & Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Teti, Ahmad, M., & Harahap, S. D. 2022. Analisis Level Kecerdasan Emosional Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Gender pada Masa Covid. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2).

Thahir, A. 2014. Psikologi Belajar Buku Pengantar dalam Memahami Psikologi Belajar. Lampung: LP2M UIN Raden Intan Lampung.

Tokan, P. R. I. 2016. Sumber Kecerdasan Manusia (Human Quotient Resource). Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Vandini, I. 2015. Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Waryani. 2021. Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar Konsep dan Implementasi terhadap Prestasi Belajar. Indramayu: Penerbit Adab.

Yudhiantoro, B. I., & Juliansyah, M. 2022. Kecerdasan Emosional dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Nahdiah : Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. 2014. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Fitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya