Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

St. Maryam,M(1*), Nur Ilmi(2), Nur Rahmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.44353

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas V berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kualifikasi C, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi C dan hasil tes belajar matematika dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kualifikasi B, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi B dan hasil tes belajar matematika dengan nilai rata-rata 82. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar belajar matematika siswa kelas V UPTD SD Negeri 2 Parepare.


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Take and Give, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiawan, & I Ketut Ngurah. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya).

Desyandri, & Nirmayati. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Menggunakan Model Take And Give di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut, Kota Pa-dang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 44–57.

Djamarah, S. B. & Z. A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.

Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give pada Materi Minyak Bumi di Kelas X MAN Sabang. Lantanida Journal, 2(2), 170–184.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.

Mandagi, M. R. A. N. R. N. K. K. E. R. A. S. Z. R. I. M. Z. E. P. H. (2020). Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Deepublish.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pem-belajaran. Deepublish.

Salabi, A. S. (2020). Efektivitas dalam im-plementasi kurikulum sekolah. Educa-tion Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13.

Situmorang, A. S. (2016). Model pembelaja-ran e-learning berbasis web terhadap kemampuan pemecahan masalah ma-hasiswa prodi pendidikan matematika fkip universitas hkbp nommensent.a 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(1), 12–22.

Wulangdari, M., & Muin, A. (2017). Pen-erapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dalam Meingkatkan Hasil Belajar Matemtika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Ri-attang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1),28–33.

Yusransal, Agustina, Arifah, M., Kurniawan, A., Ismail, N., Aniruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Take And Give Di Kelas V SD Negeri Reudeup Kabupaten Aceh Barat. Guru Kita, 6(3), 310–324.

Zainal, Z., & Halik, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Ter-hadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidi-kan, 3(3), 225–229.

Zainal, Z., Mukhlisa, N., & Azizah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matemat-ika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. Journal of Healt, Education, Ecomocs, Science, and Technology (J-HEST), 4(2), 99–103.


Article Metrics

Abstract view : 198 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 St. Maryam M, Nur Ilmi, Nur Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya