Pengaruh Koordinasi Layanan Pendidikan terhadap Kualitas Pendidikan Dasar di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis

Zulfahmi Zulfahmi(1*), Ramdhan Witarsa(2), Masrul Masrul(3),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.42560

Abstract


Koordinasi layanan pendidikan merupakan salah satu tugas koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan untuk memetakan kualitas pendidikan di kecamatan yang dipimpinnya. Riset ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh koordinasi layanan pendidikan yang dilakukan koordinator wilayah kecamatan bidang pendidikan terhadap kualitas pendidikan dasar di kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis. Metode yang digunakan pada riset ini adalah metode kuasi eksperimen. Metode ini memiliki sembilan tahapan, yaitu: tinjauan literatur, mengidentifikasi dan membatasi masalah riset, mengembangkan hipotesis riset, membuat desain riset, melakukan pretes, melakukan percobaan, melakukan postes, pengolahan dan analisis data, dan penarikan kesimpulan. Sampel riset berjumlah 34 orang guru, terdiri dari 17 orang guru di kelas eksperimen dan 17 guru di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi kualitas guru. Instrumen riset yang digunakan adalah lembar observasi kualitas guru. Hasil riset  menunjukan bahwa koordinasi layanan pendidikan yang dilakukan koordinator wilayah kecamatan berpengaruh signifikan terhadap kualitas pendidikan dasar di kecamatan Bantan kabupaten Bengkalis. Kualitas pendidikan dasar ini tercermin dari kualitas guru yang sedang studi lanjut magister pendidikan dasar dengan jumlah 11 orang guru dari jenjang sekolah dasar dan 6 orang guru dari jenjang sekolah menegah pertama.


 


Keywords


Bantan; koordinasi; kualitas; layanan pendidikan; pendidikan dasar

Full Text:

PDF

References


Afridoni, Putra, S., Hasri, S., & Sohiron. (2022). Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13832–13838. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4402

Alamsyah, N., R., Muliadi, & Sudarto. (2021). Persepsi Guru terhadap Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah di SDN 25 Mattirowalie Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 565–576.

Anan, A. (2016). Strategi Hubungan Masyarakat dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Darut Taqwa. Jurnal Al-Murabbi, 1(1), 173–186. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/download/393/298

Asmu, H., Haris, I., & Lamatenggo, N. (2018). Keefektifan Koordinasi Kepala Sekolah dalam Mengintegrasikan Program dan Kegiatan di SMA Negeri 1 Manangu Kabupaten Boalemo. JPs: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(1), 87–94.

Budiyarti, N., & Fikriyah, S., H. (2021). Pengaruh Pengawasan dan Koordinasi terhadap Efektivitas Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(2), 56–63. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v1i2-14000

Butar-Butar, R., S. (2021). Usaha Meningkatkan Kinerja Pegawai melalui Peningkatan Pembagian Kerja dan Koordinasi pada Yayasan Pendidikan Rumah Sakit Haji Medan. JEB: Jurnal Ekonomi Bisnis, 27(1), 535–547. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JEB/article/view/1341

Idris, R., & Lestari, E. (2017). Pengaruh Pengorganisasian terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18–30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2

Ikramullah, & Sirojuddin, A. (2020). Optimalisasi Manajemen Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 131–139. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36

Khodijah, S., & Haq, M., S. (2021). Strategi Kepempinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(01), 156–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38605

Prayogi, E., R. (2017). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam Pengembangan Kawasan Pusat Pendidikan Tahun 2010-2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 1–15.

Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.

Sa’idu, N. (2021). Persepsi Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Madrasah Binaan Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2021. Educational: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 169–177.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M., A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.26018

Setyawati, P., Erawan, E., & Zulfiani, D. (2020). Peran Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 002 Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. EJournal Administrasi Negara, 8(3), 9208–9220. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/07/Jurnal Putri Setyawati (07-01-20-04-42-18).pdf

Siregar, W., K., & Witarsa, R. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 224–230.

Sulaiman, D., R., A., & Dewi, S., S. (2021). Penerapan Service-Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Diri Mahasiswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 615–621.

Usman, A., S. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(1), 13–31. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulfahmi Zulfahmi, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya