PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Sherli Pentianasari(1*), Deni Adi Putra(2), Badruli Martati(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.41537

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan Lectora Inspire pada pembelajaran IPAS yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Surabaya dengan subjek penelitian yaitu kelas IV yang terdiri dari 24 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi materi dan media, angket respon guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar. Data hasil validasi dan angket di analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian, media pembelajaran yang dikembangkan yang telah teruji dan divalidasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 97,66%, ahli media memperoleh rata-rata sebesar 95,99%, sehingga rata-rata kevalidan media pembelajaran adalah 96,83%. Media pembelajaran juga dinilai praktis digunakan oleh guru dengan persentase yang diperoleh sebesar 99% dan hasil persentase kepraktisan oleh peserta didik yang diperoleh sebesar 93%. Media pembelajaran juga efektif digunakan dengan persentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 91,66%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid, sangat praktis, dan sangat baik dan dinyatakan layak digunakan pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar

Keywords


kurikulum merdeka; lectora inspire; media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Apsiswanto, U., & Nanda, A. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalirejo. Jurnal Multimedia Dan Android (JMA), 1(1), 1–10.

Arif, A., Enjoni, & Yanto, F. (2021). Media Pembelajaran IPA Lectora Inspire Berbasis Inkuiri Daur Hidup Hewan Kelas IV SDN 55 Kalumbuk Padang. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.75

Astutik, M., Rusimamto, P. W., & Teknik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 107–114.

Budi, A. B. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online Kelas X MP 1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(1), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/26446

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Faradita, M. N. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Ipa di SD Tawangsari. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Millenial, 309–317. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4836

Hermawan, B. D., & Agung, Y. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 49–56.

Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 188–197. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p188-197

Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i2.1716

Muttaqin, M. Z., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 495–511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259

Naila, I. (2020). The Effectiveness of Science Project Learning based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students’ Collaborative Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 348–361. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28676

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In University of Twente. London: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Pentianasari, S., & Firmannandya, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-F di SDN Tanah Kalikedinding V Surabaya. Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD, 534–551. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14944/5456

Putra, D. A. (2018). Pembelajaran Berbasis CTL dan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(2), 55–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1835

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125

Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 26–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.867

Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842

Suciutari, N. P. D., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2013). Model Pembelajaran Accelerated Learning Berfasilitas Multimedia Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1192/1055

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236

Wahab, A. A., & Dkk. (2014). Konsep Dasar IPS. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 385 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sherli Pentianasari, Deni Adi Putra, Badruli Martati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya