PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN LECTORA INSPIRE PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.41537
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Apsiswanto, U., & Nanda, A. P. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kalirejo. Jurnal Multimedia Dan Android (JMA), 1(1), 1–10.
Arif, A., Enjoni, & Yanto, F. (2021). Media Pembelajaran IPA Lectora Inspire Berbasis Inkuiri Daur Hidup Hewan Kelas IV SDN 55 Kalumbuk Padang. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(1), 20–27. https://doi.org/https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.75
Astutik, M., Rusimamto, P. W., & Teknik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 107–114.
Budi, A. B. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Lectora Inspire pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online Kelas X MP 1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(1), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/26446
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Faradita, M. N. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Ipa di SD Tawangsari. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Millenial, 309–317. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4836
Hermawan, B. D., & Agung, Y. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel di SMK Negeri 1 Driyorejo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 49–56.
Irawan, D. B. (2020). Pengembangan Media Berbasis Komputer Lectora Inspire dalam Pembelajaran Subtema Lingkungan Sosialku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 188–197. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p188-197
Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i2.1716
Muttaqin, M. Z., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Multimedia Lectora Inspire untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 495–511. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.259
Naila, I. (2020). The Effectiveness of Science Project Learning based on Entrepreneurship Model to Improve Elementary Students’ Collaborative Skills. Mimbar Sekolah Dasar, 7(3), 348–361. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v7i3.28676
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In University of Twente. London: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7
Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958
Pentianasari, S., & Firmannandya, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-F di SDN Tanah Kalikedinding V Surabaya. Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD, 534–551. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14944/5456
Putra, D. A. (2018). Pembelajaran Berbasis CTL dan Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 2(2), 55–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1835
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221
Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Robbia, A. Z., & Fuadi, H. (2020). Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik di Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 117–123. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125
Rohayu, Deni Adi Putra, & Kunti Dian Ayu Afiani. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Inventa, 5(1), 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 26–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.867
Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842
Suciutari, N. P. D., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2013). Model Pembelajaran Accelerated Learning Berfasilitas Multimedia Berpengaruh terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Semarapura. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1192/1055
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 294–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/jkp.v3i3.10236
Wahab, A. A., & Dkk. (2014). Konsep Dasar IPS. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 354 times | PDF view : 82 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sherli Pentianasari, Deni Adi Putra, Badruli Martati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Dipublikasikan oleh
Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone
Universitas Negeri Makassar
Jalan Sudirman Watampone.
Hubungi 085299249197
Email: neysaamran@yahoo.co.id
JIKAP Terindex:
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .
Dedicated to: