Pengaruh Kegiatan Green Consumer terhadap Kemampuan Ecoliteracy dan Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar

Febri Nurhayati Nurhayati(1*), Musnar Indra Daulay(2), Nurmalina Nurmalina(3),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.37338

Abstract


Kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan sangat penting untuk ditingkatkan pada saat ini kedepan. Kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan sudah terabaikan oleh sebagaian kalangan, perlu diadakan kembali kegiatan green consumer untuk kedua kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh kegiatan green consumer terhadap kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 344 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 68 siswa, kelas eksperimen di kelas IVA 34 siswa dan kelas kontrol di kelas IVB 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah mengukur kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingungan siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dapat mengidentifikasikan bahwa kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan kelompok siswa dengan kegiataan green consumer di kelas IVA lebih tinggi daripada kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan kelompok kontrol di IVB. Kegiatan green consumer berpengaruh signifikan terhadap kemampuan ecoliteracy dan sikap peduli lingkungan siswa di kelas IVA sekolah dasar negeri 003 Ujungbatu. Kegiatan green consumer harus terus dilakukan secara berkala oleh guru agar kemampuan ecoliteracy siswa lainnya dapat berkembang secara optimal.


Keywords


Ecoliteracy, green consumer, peduli lingkungan, sikap, siswa.

Full Text:

PDF

References


Afifah, S., N., & Rofiah, L. (2020). Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Ecoliteracy Peserta Didik. JIPSINDO, 7(2), 136–161.

Alifah, A., N., & Mulyana, E. (2022). Efektivitas Media Vlog Perilaku Green Consumer terhadap Pemahaman Konsep Ecoliteracy Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 6(3), 4591–4599. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2785

Astuti, S., P., & Rakhmania, Y., D. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Mahasiswa Pecinta Lingkungan di Surakarta. Relevance: Journal of Management and Business, 2(1), 189–202.

Haidar, N., N., R., Firdaus, A., & Najib, M. (2020). Analisis Determinan Keputusan Konsumen Muslim Membeli Green Product. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(1), 19–30. https://doi.org/http://doi.org/10.15408/ess. v10i1.13801 Draf

Hariyadi, E., Maryani, E., & Kastolani, W. (2021). Analisis Literasi Lingkungan pada Mahasiswa Pendidikan Geografi. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i1.6685

Hendarsyah, R., Sumarwan, U., & Yuliati, L., N. (2020). Green Consumer Behaviour Masyarakat Kota Bogor dalam Tata Laksana Sampah Plastik. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, 13(2), 187–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.2.187

Nada, H., N., Fajarningsih, R., U., & Astirin, O., P. (2020). Sekolah Adiwiyata untuk Menumbuhkan Perilaku Green Consumption pada Warga Sekolah SMP Negeri 1 Wajak. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS) Ke-V, 101–106.

Permata, S. (2020). Pembinaan Strategi Membangun Wirausaha Berbasis Green Marketing Bagi Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal IKRAITH-ABDIMAS, 3(3), 164–168.

Rosidi, M., I., & Fitroh, I. (2020). Menumbuhkan Kecerdasan Ekologis Siswa melalui Green Consumer dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Sandhyakala, 1(2), 56–70.

Rosmalah, Amran, M., & Cahyani, I., G. (2022). Hubungan Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 117–121.

Shodiq, W., M., Relawati, R., & Bakhtiar, A. (2020). Implementasi Kepedulian Lingkungan dalam Pembelian Makanan Kemasan. Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 3(2), 58–65. https://doi.org/10.22219/agriecobis

Supeno, & Siswanto. (2022). Analisis Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tematik. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 34–41.

Supriatna, N., Romadona, N., F., Saputri, A., E., & Darmayanti, M. (2018). Implementasi Education for Sustainable Development (ESD)


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Febri Nurhayati Nurhayati, Musnar Indra Daulay, Nurmalina Nurmalina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya