Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Sylvia Cindy Cindy(1*), Syahrial Syahrial(2), Nurhaswinda Nurhaswinda(3),

(1) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(2) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(3) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.37226

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan hasil yang maksimal. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model discovery learning pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 27 orang yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dari pratindakan ke siklus 1 sebesar 3,15%. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa juga terjadi pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 4,63%. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara keseluruhan sebesar 7,78%. Model pembelajaran discovery learning perlu terus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran tematik karena dengan model pembelajaran tematik, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat memfasilitasi kebutuhan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatifnya.


Keywords


Berpikir, discovery learning, kemampuan, kreatif, siswa.

Full Text:

PDF

References


Cintia, N., I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Dari, F., W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Jannah, T., M., & Harni. (2020). Penerapan Pendekatan Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 3(1), 129–144.

Khairina, A., D., Budyartati, S., & Samsiyah, N. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tema 5 Muatan IPA Kelas V SD 02 Mojorejo Kota Madiun. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 363–370. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID%0APengaruh

Leksani, S., A., Syaodih, E., & Ilyas. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 16–23.

Mahdian, Patimah, S., & Kusasi, M. (2022). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulation Peserta Didik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 20–35.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.

Petriza, N., & Eliyasni, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 1–10.

Rahayu, R., D., Y., Mawardi, & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 8–13.

Safitri, W., C., D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JUrnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Siregar, W., K., & Witarsa, R. (2022). Analisis Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2), 224–230.

Siswanto, & Supeno. (2022). Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 27–33.

Supeno, & Siswanto. (2022). Analisis Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tematik. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 34–41.

Wahyuningsih, N., Martaningsih, S., T., & Supriyanto, A. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Tlogodepok. Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami,” 889–910.

Windarti, Y., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar melalui Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150–155. https://jbasic.org/index.php/basicedu%0APenerapan

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); Pertama). Deepublish Publisher.

Zulayani, F. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SDN 15 Jake Kuantan Tengah. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 376–381. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8873


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sylvia Cindy Cindy, Syahrial Syahrial, Nurhaswinda Nurhaswinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: neysaamran@yahoo.co.id

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya