Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik Sekolah Dasar Pada Era New Normal

Siti Kalimah(1*), Adi Wijayanto(2), Maryono .(3),

(1) IAIN Tulungagung
(2) IAIN Tulungagung
(3) IAIN Tulungagung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i3.22151

Abstract


Abstrak: Pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat sebagaimana termaktup dalam Pasal 3 Undang-Undang Pendidikan Nasional. Tujuan pendidikan tersebut dapat terwujud apabila diawali dengan proses belajar. Sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Pembelajaran di masa pandemic membuat metode belajar berubah dari klasikal menjadi daring. Inovasi pembelajaran daring lebih banyak memanfaatkan sarana media belajar seperti e-learning, virtual class room, zoom, whatsapp. Semuanya membutuhkan sarana pendukung seperti gadget, smartphone, computer yang terkoneksi dengan internet. Model dan media pembelajaran, maka mutu pembelajaran pun juga berubah. Guna mencapai mutu pembelajaran yang baik, maka perlu adanya dukungan dari seluruh komponen pembelajaran yang terorganisir dengan baik. Seperti halnya perhatian dari guru, orang tua, dan masyarakat. Selain itu, upaya dari pemerintah dalam mendukung peningkatan mutu juga perlu adanya tindak lanjut dari instansi-instansi pendidikan di daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui problem pembelajaran, implementasi, dan evaluasinya pada masa new normal ini di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Locus penelitian bertempat di dua sekolah dasar di Kabupaten Blitar, yaitu SDI Lukmanul Hakim dan SDN Plosorejo 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem utama yang dihadapi pada pembelajaran di masa new normal ini adalah terkendalanya sarana prasarana pendukung seperti computer, gadget, dan smartphone juga internet. Implementasi dari penggunaan TI sebagai peningkatan mutu belajar akan terlaksana baik apabila sarana mencukupi dan guru mampu menguasainya. Guna menutup kekurangan pemahaman terhadap materi, maka dilakukan evaluasi yang memberikan kesempatan peserta didik untuk mengakses bahan belajar tambahan dari internet.


Keywords


Pemanfaatan; Teknologi Informasi; Meningkatkan Mutu Pembelajaran; Peserta Didik; Sekolah Dasar; Era New Normal.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi, Cholis Narbuko dan Abu. 2003. Metodologi Penelitian. (Jakarta: PT Bumi Aksara)

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta)

Astini, Ni Komang Suni. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Volume 11. Nomor 2 Juli.

Departemen Pendidikan Nasional. 2021. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Fatimah, Siti. 2020. Pembelajaran Di Era New Normal. Skripsi. Surakarta

Fatwa, Alyan. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology. Volume 1. Nomor 2. Agustus.

Kurniawan, Sutrina Ningsih, Eko Kuntarto, Agung Rimba. 2020. Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) dan Implikasinya di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Volume 4. Nomor 3 Mei.

Makmun, Abin Syamsudin. 2012. Psikologi Kependidikan. (PT.Remaja Rosdakarya: Bandung, cetakan ke 11)

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Moleong. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Bandung: Rosdakarya)

Saifulloh, Moh, Zainul Muhibbin, Hermanto. 2012. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jsh: Jurnal Sosial Humaniora. vol.5. No.2. November.

Sari, Kalbin Salim, Mira Puspa. 2014. Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan. Article Jurusan Manajemen Pendidikan Islam STAI Abdurahman Kepulauan Riau. December.

Setyaningrum, Naomi Diah Budi. 2018. Budaya Lokal Di Era Global, Jurnal Ekspresi Seni. Vol.20. No 2. November.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta)

Sumarsono, Raden Bambang. 2018. Upaya Mewujudkan Mutu Pendidikan Melalui Partisipasi Orangtua Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 24. Nomor 2. Desember.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional

Warsita, Bambang. 2011. Landasan Teori dan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik Vol. XV. Nomor 1. Juli.


Article Metrics

Abstract view : 1520 times | PDF view : 250 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Kalimah, Adi Wijayanto, Maryono .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya