Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas IX 1

Resyani Resyani(1*),

(1) Diknas Barru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i2.20237

Abstract


This study aims to improve science learning outcomes in class IX.1 students of SMP Negeri 1 Mallusetasi through the Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning model for class IX.1 students of SMP Negeri 1 Mallusetasi. This type of research is a classroom action research which includes four stages, namely: planning, implementing the action, observing and reflecting. The results showed that based on data on student learning outcomes, students who completed according to the KKM in science subjects at the school were 88.89% or as many as 24 students. Thus, it has fulfilled the classical success indicator, which is 75%.

Keywords


Science Teaching Results; learning model; Auditory Intellectually Repetition (AIR)

Full Text:

PDF

References


Ainia, Q., Kurniasih, N., & Septi, M. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Karakter Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kaligesing Tahun 2011/2012. Makalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan FPMIPA UNY. Yogyakarta. http://uin-suka-ac.id. Diakses pada tanggal 5 Februari 2017.

Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asriani, A. (2013). Peranan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IA SMA Negeri 2 Watansoppeng.Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Dimyati. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hasby. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa Kelas XII-MIPA.3 SMA Negeri 1 Mallusetasi. Penelitian Tindakan Kelas. Barru: SMA Negeri 1 Mallusetasi.

Karinaningsih, I., Nurdin, E., & Wara, H. (2010). Studi Komparasi Pembelajaran TIK dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structure NHTS dan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. http://ebookbrowse.com/karinaningsih-karinaningsih-pdf-d420557070 . Diakses pada tanggal 5 Februari 2017.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3451

Santyasa, I. W. (2007). Model Model Pembelajaran Inovatif. Makalah, 1–16.

Minardi, P. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Watansoppeng. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Riduwan. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3451

Santyasa, I. W. (2007). Model Model Pembelajaran Inovatif. Makalah, 1–16.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana. (2005). Metode Statistika Edisi 6.Bandung: Tarsito.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suherman. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. http://pkab-wordpress.com/2008/04/29/model-belajar-dan-pembelajaran-beorientasi-kompetensi-siswa/. Diakses pada tanggal 5 Februari 2017.


Article Metrics

Abstract view : 232 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Resyani Resyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya