PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, DAN INTELECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV

Kamaruddin Hasan(1*), nurul mukhlisa(2), Ayu Lestari(3),

(1) PGSD PARE PARE
(2) PGSD FIP UNM
(3) FIP UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13695

Abstract


The purpose of this study was to determine: (1) The Process of Application of the SAVI Model in Social Studies Subjects for Class IV MI DDI Jabal Nur Parepare Students, (2) Social Studies Learning Outcomes for Class IV MI DDI Jabal Nur Parepare Students through the application of the SAVI Model. The approach used is a qualitative approach and the type of research used is classroom action research. This research focuses on the process and student learning outcomes. Data collection techniques used are observation, testing, and documentation. Then, analyzed using qualitative descriptive data analysis. The conclusion in this study is that by applying the SAVI model can improve social studies learning outcomes about production equipment, communication and transportation in class IV MI DDI Jabal Nur Parepare students.

Keywords


SAVI Learning Model, Learning outcomes, Social Sciences

Full Text:

PDF

References


Alfahmi, A. M., & Gunansyah, G. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal PGSD, 2(2), 1–11

Arikunto, Suharsimi dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepoblish.

Djumingin sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Jauhar, ST. Nurdin, M. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.Jurnal JIKAP PGSD UNM Vol. 1 No. 2. Hal 141-149.

Lencie, K. 2011 Penerapan model pembelajaran SAVI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran PKn SDN Madyopuro 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penerbit UPT Perpustakaan UM Malang.

Sani Ridwan Abdullah dkk, 2018. Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tira Smart.

Shoimin Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sinring, abdullah., Abdul Saman., dan Rudi Amir. 2016. Panduan Penulisan SKRIPSI (Proposal Skripsi, Skripsi, & Karya Ilmiah). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Sugiyoni, 2012. Metode Penelitian Pendidikan.. Yogyakarta: Insan Madani.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT. Ramaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pebelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Tyas, Ning, Eka. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Subtema Tugasku Sehari-Hari di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran Savi pada Siswa Kelas II SDN 1 Bolo. Jurnal SCHOLARIA Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 4 No. 3 Hal. 68-82.

.


Article Metrics

Abstract view : 674 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kamaruddin Hasan, nurul muhhlisa, Ayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh

Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Kampus VI UNM Bone

Universitas Negeri Makassar

Jalan Sudirman Watampone.

Hubungi 085299249197

Email: [email protected]

 

JIKAP Terindex:

                   

   

Lisensi Creative Commons
JIKAP dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .

                           Dedicated to:

 


Lihat Statistik Saya