PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEKNIK DIGITAL DAN ANALOG DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL MEKATRONIKA FT-UNM

Suhartono Suhartono(1*), Lu'mu Lu'mu(2), Wahida Seytiwi Jaya(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan pengembangan ini adalah mengembangkan modul pembelajaran Teknik Digital dan Analog serta mengetahui tingkat kelayakannya di Prodi Pendidikan Vokasional Mekatronika FT-UNM. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, oleh karena itu metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini adalah proses pengembangan modul terbagi atas 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Berdasarkan hasil olah data yang diperoleh yaitu, pada tingkat kelayakan modul yang dinilai oleh ahli materi memperoleh persentase mencapai 88,28% sehingga dikategorikan “sangat layak” dan oleh ahli media memperoleh persentase mencapai 94,32% sehingga juga dikategorikan “sangat layak”. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa modul pada penelitian ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran Teknik Digital dan Analog. Kemudian pada hasil pengujian respon mahasiswa memperoleh persentase mencapai 92,80% sehingga dikategorikan “sangat layak”. Dari hasil tersebut menyatakan bahwa modul pada penelitian ini dapat diterima baik dan sesuai untuk digunakan oleh mahasiswa pada pembelajaran Teknik Digital dan Analog. Harapan pada penelitian ini adalah modul yang telah dikembangkan dapat membantu dalam proses pembelajaran khususnya pada mata kuliah Teknik Digital dan Analog di Prodi PVM FT-UNM.



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.