PEMETAAN SEBARAN OBJEK WISATA BAHARI DI PULAU AMBON MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Marhelin Chostansa Mehdil(1), Heinrich Rakuasa(2*), Daniel Anthoni Sihasale(3), Roberth Berthy Riry(4),

(1) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
(2) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
(3) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
(4) Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/jes.v4i2.32464

Abstract


Pengelolaan sektor parawisata yang belum maksimal di Pulau Ambon membuat banyak objek wisata bahari yang belum diketahui oleh masyarakat dan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sebaran objek wisata bahari yang ada di Pulau Ambon dengan menggunakan sistim informasi geografis untuk memberikan informasi dan gambaran secara spasial kepada masyarakat guna membatu wisatawan yang berkunjung di Pulau Ambon. Pemetaan ini mengacu pada data sebaran objek wisata bahari yang ada di Pulau Ambon yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Pengolahan data spasial dilakukan dengan menggunakan Software Arc GIS 10.6. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 29 objek wisata bahari yang tersebarn di kecamatan Leihitu Barat, Leihitu, Leitimur Selatan, Salahutu dan Nusaniwe yang dijelaskan secara deskripsi, tabular dan spasial


Keywords


Pemetaan, Pulau Ambon, Sistem Informasi Geografis, Wisata Bahari

Full Text:

PDF

References


Akbar, L. O. J., Yusuf, D., & Kasim, M. (2019). Analisis Potensi Wisata Bahari Berbasis Sistem Informasi Geografis di Pantai Langala Provinsi Gorontalo. Jambura Geoscience Review, 1(1), 30. https://doi.org/10.34312/jgeosrev.v1i1.2036

Aponno, C. (2020). Kontribusi Sektor Pariwisata dan Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Maluku. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 1(5), 111–118.

Elly, A. J., Retraubun, A. S., Sahetapy, D., & Papilaya, R. (2021). Analisis kesesuaian kawasan ekowisata bahari di Tanjung Waerole dan Nusatelu. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 13(1), 17–30.

Hadibrata, B., & Maudin, S. (2020). Pencarian Rute Terpendek Menuju Tempat Wisata Menggunakan Metode Algoritma Greedy Pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 26.

Kuba, D., Wasilah, W., & Usman, K. S. (2021). Analisis pengembangan obyek wisata bahari di Pulau Dutungan Kabupaten Barru berbasis sistem informasi geografi. Plano Madani: Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 10(2).

Lelloltery, H., Hitipeuw, J. C., & Sahureka, M. (2020). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Masyarakat di Hutan Lindung Gunung Sirimau Kota Ambon. Jurnal Hutan Tropis, 8(1), 23.

Meturan, F. T., Idris Taking, M., & Latief, R. (2021). Analisis Ketersediaan Prasaran Dan Fasilitas Penunjang Pengembangan Objek Wisata Pantai Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten maluku Tengah. Journal of Urban Planning Studies, 2(1), 085–095.

Muhammadiyah, A. R. (2018). Pemetaan Objek Wisata Bahari Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografi. Jurnal Environmental Science, 1(1). https://doi.org/10.35580/jes.v1i1.7337

Ria Anggraheny, K., Farista Aristin, N., & Yuni Kartika, N. (2020). Pemetaan sebaran dan deskripsi potensi obyek Wisata Umbul di Kabupaten Klaten. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 5(2), 79–91.

Supriyatama, P. E., & Wesnawa, I. G. A. (2019). Pemetaan Distribusi Objek Wisata dan Potensi Wisata di Kecamatan Sukawati. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 7(1).


Article Metrics

Abstract view : 818 times | PDF view : 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 HEINRICH - RAKUASA

 Diterbitkan Oleh:

Prodi Geografi, Jurusan Geografi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam

Universitas Negeri Makassar

Editorial Office:

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License