Pengaruh Kreativtas Guru, Lingkungan Sosial, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik
(1) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v2i1.9089
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adirestuty, F. (2017). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, Vol. 4 no. 1, 54-67. Retrieved Januari 2019, from http;//jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/386
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 10 No.1, 48-65. Retrieved Juli 14, 2018, from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/921
Barnet, E., & Casper, M. (2001, March ). A Definition of "social Environment". American Journal of Public Health, Vol. 91 No. 3, 465. Retrieved Januari 2019, from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/article
Darmawati, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 1 No. 79. doi:10.26740/jepk.v1n1.p79-90
Dewantara. (2010). Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesa. Yogyakarta: Pustaka belajar.
Dimyati, & Mudijono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Dimyati, & Mudijono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hakim, T. (2008). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Hamzah, B. U., & Nurdin, M. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada SIswa Kelas XI IPS SMA NEGERI 1 LASEM Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1-12. Retrieved Januari 14, 2018, from http://eprints.uns.ac.id/1961/1/1899-4276-1-SM
Kurniawan , D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, 176-187. doi:10.21831/jrpm.v1i2.2674
Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan, Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.
Parjiyono. (2013). Korelasi Faktor Keluarga dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 4 Kudus. Universitas Negeri Sebelas Maret, Program Studi Tekhnologi pendidikan. Surakarta: UNS Institutional Repository. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/8084/
Safitri , F. N., & Kustini, S. (2014). Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, Vol. 3 No. 3, 249-256. Retrieved Januari 2019, from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php.eeaj
Sahidah , H. (2012). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 STABAT Tahun Ajaran 2011/2012. Medan: Universitas Negeri Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/13106/
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sobri, K. M., Hanum, F., Zulnaidi, H., Ahmad, A. R., & Alfitri. (2017). A Comparative Study of School Environment for Students' Skill Development in Malaysia and Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, Vol. 1 No. 2, 1-6. doi:10.1016/j.kjss.2017.10.002
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sukarti. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPS Madrasah Ibtidaiyah Siswa Kelas V di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogykarta.
Suparman, A. (2012). Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan kreativitas Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 277-293. Retrieved Juli 14, 2018, from https://scholar.google.co.id./scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=pengaruh+kreativitas+guru&oq=pengaruh+#d=gs_qabs&u=%23p%3Dp0dnOoHfUnAJ
Tabrani, R., & dkk. (2000). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar . Bandung: CV. Remadja Rosda Karya .
Tella, A. (2007). The Impact of Motivation on Student's Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School ini Nigeria. Eurosia Journal Pf Mathematics, Sciences & Technology Education 2007, Vol. 3 No. , 149-156. Retrieved Desember 27, 2018, from http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/512292/pdf
Tu'u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wang, M.-t., Kiuru, N., Degol, J., & Salmela-Aro, K. (2018). Friends, Academic Achievement, and School Engangement during adolescence: A Social Network Approach to Peer Influence and Selection Effects. learning and Instruction, 148-160. doi:10.1016/j.learninstruc.2018.06.003
Yuliyatun. (2012). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa kelas VIII MTs AL IRSYAD Ngawi Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved Juli 14, 2018, from http://eprints.ums.ac.id/19252/
Article Metrics
Abstract view : 1278 times | PDF view : 85 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 yusdiana yusdiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Has been Indexed and Abstracted by:
Published by:
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact: +6285341579686