Pengaruh Kualitas Pendidik dan Kualitas Tenaga Kependidikan Terhadap Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi

Megawati Megawati(1*), Nurdin Nurdin(2), Bakhtiar Bakhtiar(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v5i1.37617

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pendidik  dan kualitas tenaga kependidikan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Metode Penelitian yaitu survey, subjek penelitian  sebanyak 80 orang  mahasiswa diambil secara acak di Uiniversitas Indraprasta PGRI Jakarta. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skla likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidik memberi pengaruh yang signifikan terhadap  kepuasan pelayanan mahasiswa. Begitu juga kualitas tenaga kependidikan  memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Koefisien determinasi (R)2 adalah kualitas pendidik dan kualitas tenaga kependidikan mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa.

Keywords


Pendidik, Tenaga kependidikan, Kepuasan pelayanan

Full Text:

PDF

References


Agung. 2017. Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan, September 2017, Volume 2, No. 2, Hal. 145.

Anoraga, Panji. 2000. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta: Jakarta.

Alma, Buchari. 2002.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bndung: Alfabeta.

Baron, R.A.2005.Social Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Deviton, J A. 1995. The Interpersonal Communication Book. Hunter college of The City University of: New York.

Gronroos, C. 1999.Service Management and Marketing. Lexington Mass: Lexington.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggang. Elex Media Computindo: Jakarta.

Joewono, Handito Hadi. 2003. Jangan Sekedar Service. Intisari: Jakarta.

Kardoyo. 2016. “Analisa Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi.” Cakrawala Pendidikan, Juni 2016, Th.XXXV, N0.2, Hal.166.

Kotler, Philip. Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Lovy. H. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Modle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th.XXXVI, N0.2, Hal.166.

Martoyo, Susilo. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

Ndraha. 2007. Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oliver. 2000. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta: Jakarta.

Shein and P.C Wilton. 1988. Modela of Consumer Satisfaction: An Extension Prentice Hall: New York.

Suciati. 2017. Interaksi Kesiapan Belajar Dan Kepuasan Terhadap Layanan Pada Pembelajaran Online Program Pascasarjana. Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th.XXXVI, N0.1, Hal.73.

Sutojo, Siswanto. 2003. Meningkatkan Jumlah dan Mutu Pelanggang. Damar Mulia Pustaka: Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20.2003. Tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Walker, Ristiyanti, Ihalauw J.O.I, John. 2003. Perilaku Konsumen. Andi: Yogyakarta.

Wyckof dalam Lovelock and Wrigt L. 1988. Principle of Service Maraketing. McGraw Hill Kogakhusa Ldt: Tokyo.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dr. Bakhtiar, S.Pd., M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] Contact+6285341579686