“Hi, Learning Models”: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Online untuk Matakuliah Strategi Belajar dan Mengajar Akuntansi

Primasa Minerva Nagari(1*),

(1) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.15503

Abstract


Media Pembelajaran online saat ini memang sangat bermanfaat , melihat perkembangan teknologi sangat pesat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan produk untuk pembelajaran berupa media pmbelajaran online untuk matakuliah Strategi Belajar dan Mengajar Akuntansi dengan nama produk “Hi, Learning Models” yang akan diunggah pada suatu platform pembelajaran. Produk yang dihasilkan sudah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pada matakuliah Strategi Belajar dan Mengajar Akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah disesuaikan dengan kondisi lapangan. Tahapan yang digunakan meliputi (a) analisis situasi awal, (b) pengembangan rancangan “Hi, Learning Models”, (c) membuat produk, (d) uji validitas, (e) revisi I Media Pembelajaran online Hi, Learning Models, (f) Uji coba lapangan terbatas (g) revisi II Media Pembelajaran online Hi, Learning Models II, (h) produk akhir. Validasi media pembelajaran online dilakukan oleh dua subyek yaitu ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada dosen akuntansi khususnya, untuk memanfaatkan media pembelajaran online dalam proses pembelajarannya melihat bahwa saat ini teknologi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan, khususnya pembelajaran. Di sisi lain, harapan peneliti bahwa nantinya akan dikembangkan pula media pembelajaran online dengan bentuk lain dan untuk matakuliah juga materi lainnya.


Keywords


media pembelajaran, pembelajaran kooperatif, pendidikan akuntansi, e-learning

Full Text:

PDF

References


Adam, S., Msi, M., & Taufik Syastra, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Akgunduz, D., & Akinoglu, O. (2016). The effect of blended learning and social media-supported learning on the students’ attitude and self-directed learning skills in science education. Turkish Online Journal of Educational Technology, 15(2), 106–115.

Akgündüz, D., & Akinoglu, O. (2017). The impact of blended learning and social media-supported learning on the academic success and motivation of the students in science education. Egitim ve Bilim, 42(191), 69–90.

Barak, M. (2018). Are digital natives open to change? Examining flexible thinking and resistance to change. Computers and Education, 121, 115–123.

Beatson, N. J., Berg, D. A. G., & Smith, J. K. (2019). The influence of self-efficacy beliefs and prior learning on performance. Accounting and Finance, 60(2), 1271–1294.

Borg, W., & Gall, M. (1983). Educationnal Research.

Gall, M., Borg, W., & Gall, J. (1996). Educational research: An introduction.

Gilies, M., & In, A. A. (2003). Cooperative learning. The Social and Intellectual Outcomes of Learning.

Hamzah, B., & Aksara, L. N. (2011). Teknologi Informasi & Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kemp, J. (1989). Planning, producing, and using instructional media. HarperCollins Publishers.

Lie, A. (2007). Education Policy and EFL Curriculum in Indonesia: Between The Commitment to Competence and The Quest for Higher Score. In TEFLIN journal.

Lihitkar, S. R., Naidu, S. A., & Lihitkar, R. S. (2013). E-learning programmes in library and information science: Worldwide initiatives and challenges for India. Library Hi Tech News, 30(9), 12–20.

Phelan, J. E. (2015). The Use of E-Learning in Social Work Education. Social Work (United States), 60(3), 257–264.

Sangster, A., Stoner, G., & Flood, B. (2020). Insights into accounting education in a COVID-19 world. Accounting Education, 0(0), 1–132.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif alam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan the Role of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 105.


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Primasa Minerva Nagari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Has been Indexed and Abstracted by:

Google Scholar Index Copernicus  PKP Index  Dimensions

 Microsoft Academic Search

 

Published by:

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Raya Pendidikan, Fakultas Ekonomi Kampus UNM Gunungsari Baru Kec. Rappocini Kota Makassar. Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jekpend.fe@unm.ac.id Contact+6285341579686