Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Wajo Pada Masa Pandemi COVID-19.
(1) 
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/je3s.v3i2.36213
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran pembelajaran berbasisi E-learning terhadap hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Wajo pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pretest-Posttest One-Group Design. Metode pengumpulan data yaitu melalui tes (pretest dan posttest). Jumlah sampel pada penlitian ini 26 peserta didik terdiri dari 17 laki-laki dan 19 perempuan. Analisis data yang digunakan berupa Analisis statistik deskriptif dan Analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Learning (variabel bebas) berpengaruh terhadap hasil belajar (variabel terikat), sebagaimana ditunjukkan oleh nilai perserta didik yang terus meningkat setelah diberi perlakuan dengan metode e-learning.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. A. (2013). Students learning center strategy based on e-learning and blogs. 12, 1–6. http://arxiv.org/abs/1307.7202
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Sainmatika, 8(1), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/221167-penerapan-media-e-learning-berbasis-scho.pdf
Anis, U. (2019). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, September, 1–10.
Bawanti, P. K. D., & Arifani, Y. (2021). The Students’ Perceptions of Using Zoom Application on Mobile Phone in Improving Speaking Skills During Online Learning at Ban Loeiwangsai School, Loei Province, Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 54. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2212
Erawati, N. K. (2018). Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora, 5(2), 111–120.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.
Jethro, O.O., Grace, A.M., & Thomas, A.K. (2012). E-learning and its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. Indian Journal of Education and Information Management, 1, 73-78.
Abdillah, L. A. (2013). Students learning center strategy based on e-learning and blogs. 12, 1–6. http://arxiv.org/abs/1307.7202
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Sainmatika, 8(1), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/221167-penerapan-media-e-learning-berbasis-scho.pdf
Anis, U. (2019). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, September, 1–10.
Bawanti, P. K. D., & Arifani, Y. (2021). The Students’ Perceptions of Using Zoom Application on Mobile Phone in Improving Speaking Skills During Online Learning at Ban Loeiwangsai School, Loei Province, Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 54. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2212
Erawati, N. K. (2018). Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora, 5(2), 111–120.
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran (E-learning). Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 117–140.
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IV, 27–48.
Jethro, O.O., Grace, A.M., & Thomas, A.K. (2012). E-learning and its Effects on Teaching and Learning in a Global Age. Indian Journal of Education and Information Management, 1, 73-78.
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa the Influence of E-Learning Based on Information Technology Toward Students Quality of Learning. Jurnal Penelitian Komunikasi, Vol. 17 No(530), 41–54.
Malau, N. A. (2016). Ekonomi Kerakyatan Sebagai Paradigma Dan Strategi Baru Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ilmiah “RESEARCH SAINIS,” 2(1), 1–8. http://www.jurnalmudiraindure.com/wp-content/uploads/2016/03/EKONOMI-KERAKYATAN-SEBAGAI-PARADIGMA-DAN-STRATEGI-BARU-DALAM-PEMBANGUNAN-EKONOMI-INDONESIA.pdf
Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278–289. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/239
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640.
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Putu Diah Pebriyanti. (2020). Keunggulan Dan Kelemahan Menggunakan Metode Pembelajaran E - Learning. Keunggulan Dan Kelemahan Menggunakan Metode Pembelajaran E - Learning, April, 7.
Rahamma, T., Nadjib, M., Hasanuddin, U., Non, P., Fakultas, F., Pendidikan, I., & Negeri, U. (2015). Intensitas Penggunaan ELearning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana Di Universitas Hasanuddin. 4(4), 387–398.
Rohman, R. S., Ermawati, E., Farlina, Y., & Syabaniah, R. N. (2018). RANCANG BANGUN WEB E-LEARNING UNTUK PENGELOLAAN MATA PELAJARAN TIK PADA SMPIT ADZKIA SUKABUMI. Swabumi, 6(1), 85–90. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3320
Ramdani, R., & Murdani, E. (2014). E-Learning Sebagai Media Pelengkap Pembelajaran Konvensional Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII HFI Jateng & DIY, 4(1).
Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2018). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41–54. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6619.41-54
Sagita, M., & Khairunnisa. (2019). JSH , Vol. 2 No. 2, Desember 2019. Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 1–7.
Sahra, A. R., Subekti, S., & Patriasih, R. (2016). Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Belajar Perencanaan Pembelajaran. Media Pendidikan, Guzu Dan Kuliner, 5(1), 1–8.
Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 35–48. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/5341
Setyoningsih. (2015). E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58.
Sofyan, F. A. (2019). Jurnal Inventa Vol III. No 1 Maret 2019. Jurnal Inventa, 3(1), 1–17.
Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan E-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17.
Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 13(1), 1–5. https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/185
Tindangen, M., Engka, D. S. M., & Wauran, P. C. (2020). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 81.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Article Metrics
Abstract view : 34 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Editorial Address:
Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Makassar
Jalan Raya Pendidikan, Gedung BT Lantai 2, Kampus UNM Gunung Sari Baru, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar, South Sulawesi, Indonesia, 90222
Email: je3s@unm.ac.id
Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies (JE3S) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.