Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/je3s.v3i1.31371
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ariani, & Utomo Nur Mohammad. (2017). Kajian strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen 1 (3) 99-118. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55.
Databoks. (2017). Pengguna Ponsel Indonesia Mencapai 142% dari Populasi. (Diakses pada 24 Januari 2021 pada pukul 12.12 WITA) https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna- ponsel-indonesia-mencapai-142-dari-populasi
Dedi Purwana ES, Rahmi, S. A. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM ). 1(1), 1–17.
Elida Tety dan Ari Raharjo. 2019. Pemasaran Digital. Bogor: IPB Press.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.
Firdaus Agung Nurdiansyah (2017). Micro, Small and Medium Enterprise Development Strategy In Power Economic Development (Case Study on Maros Bread Enterprise in Maros District). 19(2), 114–120.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033.
Hartopo Agustinus. 2019. Analisis Pendapatan Petani Sagu Di Kampung Simporo Distrik Ebungfauw Kabupaten Jayapura Papua. Tangerang: Indocamp
Hasan, M. (2020). Literasi dan Perilaku Ekonomi: Transfer Pengetahuan Kewirausahaan dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi Informal. Media Sains Indonesia.
Hasan, M., Musa, C. I., Arismunandar, A., Tahir, T., & Azis, M. (2019). Entrepreneurship Education, Family Capital, and Family Business Performance in Makassar, South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR), 4(6), 269-272.
Hasan, M., Musa, C. I., Azis, M., & Tahir, T. (2020). Positive psychological capital, market orientation, and business performance of family business in the culinary sector: A research study. Economics & Sociology, 13(3), 97-112.
Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548/jebi.v3i2.182
Hendratni, T. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya peningkatan Pendapatan Bagi UMKM di kabupaten MBS. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan …, 3, 59–66. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i2.348
Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB). (Diakses pada 23 Januari 2021 pada pukul 11.35 WITA) http://www.depkop.go.id/data-umkm
Kieso, Weygandt, dan Warfield, 2011, Akuntansi Intermediate, Edisi Kedua Belas, Jakarta: Erlangga
Kusuma, J., No, B., Pekalongan, K., & Tengah, J. (2020). Di Tengah Dampak Covid-19.
Kusuma, J., No, B., Pekalongan, K., & Tengah, J. (2020). Di Tengah Dampak Covid-19.
Munarfah, A., & Hasan, M. (2009). Metode Peneltian. Jakarta: CV. Praktika Aksara Semesta.
Nandan Limakrisan dan Togi Parullian Purba. 2019. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora.
Rakib, M., Syam, A., Marhawati, M., & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Dedikasi, 22(2), 129–134. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16121
Rufaida, N. (2019). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. E-Proceeding of Management:, 6(2), 2091. https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9529/9399
Sa’ad, W. N. (2017). Pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan sentra industri keripik pisang bandar lampung ditinjau dari etika bisnis islam.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa Msmes the Pillar for Economy. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
Sarma Ma’mun. 2019. Entrepreneurial Marketing untuk Keberhasilan Pemasaran Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia Edisi Revisi. Bogor: IPB Press.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Triatmanto, B., Abwar, S, & Aris, S. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (tik) pada usaha mikro, kecil dan menengah (umkm). 2(3), 53–60.
Widodo, 2019. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Depok: Rajagrafindo Persada.
Article Metrics
Abstract view : 791 times | PDF view : 177 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Editorial Address:
Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Makassar
Jalan Raya Pendidikan, Gedung BT Lantai 2, Kampus UNM Gunung Sari Baru, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar, South Sulawesi, Indonesia, 90222
Email: je3s@unm.ac.id
Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies (JE3S) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.