KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN JARING LABA-LABA (WEBBED) DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4817
Abstract
Tujuan dari penelitian ini iala untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran jaring laba-laba (Webbed) dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design (eksperimental-semu) nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Makassar yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 316 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel acak (Random sampling) yaitu 2 kelas yakni kelas XI IPA 1 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran jaring laba-laba (Webbed) efektif dalam keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa SMA Negeri 2 Makassar. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis data Post-test pada kelas Eksperimen sehingga diperoleh hasil yaitu th= 3,91 ttabel = 1,995 pada taraf signifikan 0,05.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 4612 times | PDF view : 8093 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.