PENGARUH METODE PEER TUTORING DAN METODE STAD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA
(1) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i2.61917
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmazaki, A. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. In International Conference on Languages and Arts (pp. 15-22).
Dina, S. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Phair Check terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII di MTs Raudatul Uluum, Rantauprapat. Cemara Education and Science, 1(1), 31-36.
Erviana, Y., Munifah, S., & Mustikasari, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Kata dengan Ape Dadu Cerdas. Mentari: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Lanen, S., & Atmazaki, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Reading to Learn terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 9–15.
Ningsih, N. M. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31-42
Rezky, M. (2020). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 40-47.
Ritavany, V. G., Wuriningsih, F. R., & Sugiyana, F. X. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Menggunakan Metode STAD di SMK Pius X Magelang. Nalar: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(1), 22–29.
Sugiarti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Media Jejaring Sosial Facebook. JOLLAR Journal Of Language Learning and Research, 2, 87-101.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yanti, E. (2023). Upaya Peningkatan Minat serta Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X TPTU SMK N 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3018-3025.
Zaenuri, S. (2022). Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Sebagai Metode Alternatif Dalam Pembelajaran Btq (Baca Tulis Al-Quran) Pada Kegiatan Ekstra Kurikuler PAI di SMP. Jurnal Penerbitwidina, 2(4), 18-25.
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 9 timesCopyright (c) 2024 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Email: [email protected]
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License