PENERAPAN MODEL TALKING CHIPS DALAM MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA
(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i1.52812
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aravah, E. (2014). Teaching English to Large Multilevel Classes Majoring In Math, Biology and Chemistry by using ‘Burst The Baloon’ and Talking Chips’ techniques. TEFLIN International Conference. 6 (1):1034—1038.
Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student learning: Becoming an Accomplished Teacher. Routledge.
Bakkenes, I., Vermunt, J. D., & Wubbels, T. (2010). Teacher Learning in The Context of Educational Innovation: Learning Activities and Learning Outcomes Of Experienced Teachers. Learning and Instruction, 20(6), 533-548.
Dewi, Y. (2010). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: FKIP Universitas Jambi
Endaswara, S. 2011. Model Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.
Fitri, M., Sari, W.V., Eliyati. & Aisyah, N. 2016. The Effect of Applying Talking Chips Technique On The Students’ Achievement In Speaking Ability. Proceeding of the Fourth International Seminar on English Langguange and Teaching. ISBN: 978-602-74437-0-9: 62—67.
Hariyanto, Y. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semi Konduktor di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Elektro, Universitas Negeri Surabaya. 4 (3):999—1005.
Lie, A. (2008). Cooverative Learning: Mempraktikkan Cooverative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT.Grasindo.
Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).
Miarso, Y. (2008). Peningkatan Kualifikasi Guru dalam Perspektif Teknologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 66-76.
Nur, A. Rusijono & Waspodo, T. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, Vol. 5 No. 1.
Oktaviana, R. 2014 Implementtation Of Cooperative Learning With Talking Chips Teknique On Solids Material. Procceding of International Conference On Research. ISBN. 978-979-99314-8-1: 439-444.
Ronzi, A. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Berbicara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Chip Berbantu Reward bagi Siswa Kelas II SD 10 Gondosari Gebog, Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 2(2).
Sari, G. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Talking Chips dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa di SMAN 1 Meureubo Aceh Barat. Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfhabet.
Suprijono, A. (2013). Cooperatif Learning-Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Puataka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view : 24 times | PDF view : 5 timesCopyright (c) 2024 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License