DIMENSI BERNALAR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA MODUL AJAR DI SMPN 25 KOTA JAMBI
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i1.51920
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Elder, L., & Paul, R. (2020). Critical Thinking: Tools For Taking Charge Of Your Learning And Your Life. Foundation For Critical Thinking.
Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132-6144
Fatimah, L. N., & Rizki, N. (2016). Kemampuan Literasi Informasi pada Siswa Distance Learning Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Anugrah Bangsa Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(2), 1-10.
Giri, V., & Paily, M. U. (2020). Effect Of Scientific Argumentation on the Development of Critical Thinking. Science & Education, 29(3), 673-690.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Kibtiyah, A. M. (2022). Penggunaan Model Project Based Lesrning (Pjbl) dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Pada Materi Mengklasifikasikan Informasi Wacana Media Cetak Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 82-87.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Nuraida, D. (2019). Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Pherson, K. H., & Pherson, R. H. (2020). Critical Thinking For Strategic Intelligence. Cq Press.
Pratama, M. I., & Setyabudi, D. (2020). Efek Menonton Tayangan Video Ciri–Ciri Berita Hoaks Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Berita Hoaks. Interaksi Online, 8(2), 113-123.
Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 461-468.
Rahmawati, N. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa SMP Negeri 29 Semarang. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Risda, R. (2019). Kemampuan Menentukan Fakta Dan Opini Pada Teks Berita Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sigi Biromaru. Bahasa dan Sastra, 4(2).
Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Critical Thinking Assessment in the Teaching of Writing Indonesian Scientific Texts In High School. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 26(1).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 46 times | PDF view : 9 timesCopyright (c) 2024 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License