KESALAHAN PEMBENTUKAN KATA PADA TEKS DESKRIPTIF SISWA SMA GENTA SYAPUTRA
(1) Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.48563
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. (2019). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTs Negeri 8 Jakarta Dengan Media Video Wisata Daerah. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ariningsih, N., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 1(1), 130–141.
Dong, Z. (2012). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia Dalam Karangn Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret., Kolisch 1996, 49–56.
Gusnayetti, G. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971
Hanum, F. (2014). Peran Dan Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Manajemen Pemasaran. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 1(1), 98–107. https://doi.org/10.36987/ecobi.v1i1.1397.
Hamlan, K., & Karim, A. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kata pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Bahasa dan Sastra, 3(3).
Kaso, S., Islamiyah, B., & Cho-I-Rong, C. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Jurnal Mardibasa, 1(1).
Maryati, R. (2013). Pengembangan Media Diorama Papercraft untuk Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Berpendekatan Saintifik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Pendidikan Indonesia & Sastra, 1–6.
Mustari, L., Indihadi, D., & Elan, E. (2020). Keterampilan Menulis Anak 4-5 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 39–49. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27195
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/aksis.020201
Nuryadi. (2019). Kata Dan Proses Pembentukan Kata Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Indonesia: Suatu Analisis Kontrastif Nuryadi. Makna, 4(1), 114–127.
Oktaviani, E. S. (2016). Analisis Kesalahan Morfologis Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas Vii SMP Negeri 1 Kradenan Tahun Ajaran 2015/2016. Muhammadiyah Surakarta, 1–10.
Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080
Puspita, H. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas X Sma Negeri 02 Bengkulu Tengah Dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai (Estafet Writing). Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 157–163. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3456
Putri, I. P. O., Simpen, I. W., & N. Widarsini, N. P. (2019). Proses Pembentukan Kata dalam Kumpulan Cerpen Cinta Paling Rumit Karya Boy Candra. Humanis, 23(2).
Rumilah, S., & Cahyani, U. (2020). Pembentukan Kata dan Morfem Sebagai Proses Morfemis dan Keterangan : Dunia Bunyi atau Simbol Dunia Makna Struktur Bahasa Pragmatik. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(01), 70–87.
Saleh, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Komplek Melalui Model Stad Pada Siswa Sma. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 95.
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283–294. https://doi.org/10.53696/27214834.92
Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian Analisis Kesalahan Berbahasa. Edukasi Kultura, 67–76.
Ummul, Khair, 2018. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Volkers, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Dan Media Video Pada Siswa Kelas X Ipa I Sma Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2018/2019. Αγαη, 8(5), 55.
Wahyuni, I. (2016). Prefiks Pembentuk Verba Bahasa Sumbawa Dialek Sumbawa Besar: Pendekatan Sintagmatik Dan Paradigmatik. Skripsi..UNRAM.
Zaim, M. (2015). Pergeseran Sistem Pembentukan Kata Bahasa Indonesia: Kajian Akronim, Blending, Dan Kliping. Linguistik Indonesia, 33(2), 173–192. https://doi.org/10.26499/li.v33i2.36.
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 20 timesCopyright (c) 2023 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: [email protected]
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License