PEMBELAJARAN TEKS PERSUASI BERBASIS PENDEKATAN MIKiR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MUARO JAMBI

Adinda Valentina(1*), Imam Suwardi Wibowo(2), Priyanto Priyanto(3),

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i1.48063

Abstract


Astuti, N. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Persuasi Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra - S1, 7(6).

Fajarini, I., Gafari, M. O. F., & Adisaputera, A. (2019). The Developmment of the Assessment’s Instrument Based on Higher Order Thinking Skills To Measure Dimension of Persuasive Text Skills on Students Of Class VIII in Junior High School Muhammadiyah 7 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal2(2), 175-186.

Hafidhoh, N., & Rifa’I, M. R., . (2021). Karakteristik Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 di MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1).

Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah. (2018). Apersepsi dalam Pembelajaran Kaitannya dengan Kesiapan dan Hasil Belajar. eduMATH: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Irawan, C. M. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran sebagai Solusi Menjawab Tantangan Sosial dan Keterampilan Abad-21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 1).

Kosasih. (2003). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV Yrama Widya.

Kosasih, E. (2018). Pendekatan Berbasis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 11-20). FBS Unimed Press.

Layaliya, N. F,. Haryadi, & Setyaningsih, N. H,. 2021. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Studi pustaka). METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2).

 

Lestari, D., Syambasril, S., & Syahrani, A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)9(11).

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar1(1), 166-177.

Pernantah, P.S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2).

Purnamawati,  H. 2021. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batang Hari,  21(2).

Putra, R. P., Samhati, S., & Hilal, I. 2018. Pembelajaran Menulis Teks persuasi Pada Siswa Kelas VII SMP N 7 Bandar Lampung. Jurnal Kata Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran , 6 (2).

Saragih, N. (2022). Penggunaan Metode Mikir (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi) Dalam Pembelajaran Bahasa. Skylandsea Profesional: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(2).

Suhandi, A., Pamela, I. S., Mubarok, M. A., Amri, K., & Oktavia, A. (2021). The Validation of the development of MIKiR-based Learners' Worksheets on the Theme" Always Saving Energy" among the Fourth Graders of Elementary School. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar7(1), 71-84.

Trikandi, S., Wibowo, I. S,. & Prinyanto. (2022). Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan MIKiR pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Muaro Jambi. Jurnal Bindo Sastra, 6 (1).


Keywords


learning; persuasive text; MIKiR approach

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Persuasi Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Kalasan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra - S1, 7(6).

Fajarini, I., Gafari, M. O. F., & Adisaputera, A. (2019). The Developmment of the Assessment’s Instrument Based on Higher Order Thinking Skills To Measure Dimension of Persuasive Text Skills on Students Of Class VIII in Junior High School Muhammadiyah 7 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 175-186.

Hafidhoh, N., & Rifa’I, M. R., . (2021). Karakteristik Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013 di MI. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1).

Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah. (2018). Apersepsi dalam Pembelajaran Kaitannya dengan Kesiapan dan Hasil Belajar. eduMATH: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Irawan, C. M. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran sebagai Solusi Menjawab Tantangan Sosial dan Keterampilan Abad-21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal (Vol. 1).

Kosasih. (2003). Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV Yrama Widya.

Kosasih, E. (2018). Pendekatan Berbasis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 (Vol. 1, pp. 11-20). FBS Unimed Press.

Layaliya, N. F,. Haryadi, & Setyaningsih, N. H,. 2021. Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Studi pustaka). METALINGUA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2).

Lestari, D., Syambasril, S., & Syahrani, A. (2020). Kemampuan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11).

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166-177.

Pernantah, P.S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2).

Purnamawati, H. 2021. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batang Hari, 21(2).

Putra, R. P., Samhati, S., & Hilal, I. 2018. Pembelajaran Menulis Teks persuasi Pada Siswa Kelas VII SMP N 7 Bandar Lampung. Jurnal Kata Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran , 6 (2).

Saragih, N. (2022). Penggunaan Metode Mikir (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi) Dalam Pembelajaran Bahasa. Skylandsea Profesional: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Teknologi, 2(2).

Suhandi, A., Pamela, I. S., Mubarok, M. A., Amri, K., & Oktavia, A. (2021). The Validation of the development of MIKiR-based Learners' Worksheets on the Theme" Always Saving Energy" among the Fourth Graders of Elementary School. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 71-84.

Trikandi, S., Wibowo, I. S,. & Prinyanto. (2022). Pembelajaran Teks Deskripsi Berbasis Pendekatan MIKiR pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Muaro Jambi. Jurnal Bindo Sastra, 6 (1).


Article Metrics

Abstract view : 34 times | PDF view : 13 times

Copyright (c) 2024 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License