IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PEMAHAMAN TEKS INFORMASI: STUDI KASUS PADA SISWA SMP MA’ARIF 5 PUCUK KABUPATEN LAMONGAN

Elda Safiro(1*), Warsiman Warsiman(2),

(1) Universitas Brawijaya
(2) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i2.46583

Abstract


Implementation of the Drill Method in Learning Information Text Comprehension: A Case Study of Students at SMP Ma'arif 5 Pucuk, Lamongan Regency. This study aims to determine the implementation of the use of the drill method as a support for learning reading comprehension of information texts for class VIII students of SMP Ma'arif 5 Pucuk Lamongan. This research is a case study. The research instruments are interviews, observation, and documentation. The results of the study showed that the use of the drill method had an effect on increasing students' grades on informational text reading material. These results can be seen from the students' assessment scores on literacy skills, which show the lowest proportion of students' scores at as much as 7.6%, while the highest proportion of students' scores is 92.3%.

Keywords


Teks Informas; Metode Drill, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabart, dkk.,. (1991/1992) Bahasa Indonesia I. Jakarta Depdikbud.

Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Arnawa, N. (2022). Literasi Membaca Anak Berkebutuhan Khusus Upaya. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (Pedalitra II) Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 38–45.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Gafindo Persada.

Ginanjar, A. Y., Nugraha, F., & Nurhasanah, N. (2022). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1147.

Kolipah, S. (2022). Penerapan Metode Drill dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia yang Memuat Drama pada Siswa Kelas V Semester 2 SD Negeri 3 Sumberdadap Pucanglaban Tulungagung Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 2(1), 44–53.

Puspita, R. D., & Yudiantara, R. A. (2017). Penggunaan Lembar Kerja KWL pada Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Informasi Siswa Kelas 5 SD di Kabupaten Bandung Indonesia. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 67–75.

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Rachmandhani, M. S., Sari, N., Lestari, M. A., & Khoiriyah, M. K. (2023). Model Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. EDUKASIA : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 249–258.

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). In Lantanida Journal (Vol. 7, Issue 1).

Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298.

Sri, M., Nengah, M., & Gede, A. (2013). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 4 Soromadi Kabupaten Bima NTB. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA, 1(2), 1–15. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/741.

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517.

Warsiman. (2013). Pengantar Pembelajaran Sastra: Sajian dan Kajian Hasil Riset (U. Press (ed).

Widyawati, D., & Sholeh Muhammad. (n.d.). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Berprestasi. Ejurnal.Unesa.

Wina, S. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Zahara, Syamsiati, & Uliyanti, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Latihan Kelas I SDN II. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 47 times

Copyright (c) 2023 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License