PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SD NEGERI LONRONG KABUPATEN GOWA
(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.46533
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, S., Ridwan, S. H., & Arsjad, M. G. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Persada.
Artini, L. E. J., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 192–202.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2).
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48–59.
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71-85.
Madyawati, & Lilis. (2019). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
Potabunga. (2020). Pengaruh Media Big Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Fakultas Ilmu pendidikan.
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa sebagai Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 696-711.
Syamsiah D, S. D., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Gunung Sari Ii Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 65-72.
Tarigan, H. G. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.
Article Metrics
Abstract view : 45 times | PDF view : 18 timesCopyright (c) 2023 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License