PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES JAPING
(1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v4i3.46072
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301-307.
Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284-292.
Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28-42.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.
Hary, (2020). Pengaruh Penerapan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Cerpen di Kelas XI SMA 3Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Skripsi, IKIP PGRI Pontianak.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Foundasia, 11(2).
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Meidyawati, S., Rustono, W. S., & Hodidjah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Membaca Pemahaman di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283-295.
Semiun, Y. 2020. Teori-Teori Kepribadian Berhavioristik. Yogyakarta: Kanisius.
Safitri, H. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV MIN 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1).
Widyastuti, M. (2021). Peran Kebudayaan dalam Dunia Pendidikan The Role Of Culture In The World Of Education. Jagaddhita: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 1(1).
Article Metrics
Abstract view : 52 times | PDF view : 15 timesCopyright (c) 2023 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License