ANALISIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF

Adilah Sabir(1*), Mayong Mayong(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23971

Abstract


Analisis Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berdasarkan Dimensi Kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk soal HOTS tingkat menganalisis dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas IX, (2) mendeskripsikan bentuk soal HOTS tingkat mengevaluasi dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas IX, dan (3) mendeskripsikan bentuk soal HOTS tingkat mencipta dalam buku ajar bahasa Indonesia kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas IX edisi revisi tahun 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Peneliti mendeskripsikan data soal HOTS berdasarkan panduan analisis soal yang sesuai dengan taksonomi Bloom Revisi Anderson dan Krathwohl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk soal HOTS tingkat menganalisis dalam buku ini berupa pertanyaan membedakan, mengorganisasikan, dan mengatribusikan. Selanjutnya, bentuk soal HOTS tingkat mengevaluasi dalam buku ini berupa pertanyaan memeriksa dan mengkritik. Terakhir, bentuk soal HOTS tingkat mencipta dalam buku ini berupa pertanyaan merencanakan dan memproduksi.

Keywords


Soal HOTS, Dimensi Kognitif, Buku Ajar

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. dan Krathwohl, D. R. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Cetakan Kedua (Terjemahan Agung Prihanto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyono, B., dan Adilah, N. 2016. Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. 1(1), 86–98.

Fanani, M. Z. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

Hanifah, N. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS ) di Sekolah Dasar. Conference Series, 1(1), 1–8. http://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14286

Hewi, L., dan Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., dan Ansari, K. 2019. Analisis Soal Berbasis HOTS ( High Older Thinking Skills ) dalam Buku Brilian ( Buku Ringkasan Materi dan Latihan ). Prosiding Seminar Nasional PBSI III, 59, 61–66. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38924

Ramly, R., dan Abduh, A. 2018. Exploring Cognitive Concepts in The National Assessment of the Indonesian Language. New Educational Review, 53(3), 142–152. https://doi.org/10.15804/tner.2018.53.3.12

Rurisfiani, A., Ramly, R., dan Sultan, S. 2019. Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37

Sofyan, F. A. 2019. Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Suvina, N., dan Ramly. 2020. Analisis Pertanyaan HOTS Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Terbitan Erlangga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 39–45.

Tanujaya, B. 2016. Instrument Development of Higher Order Thinking Skill in Mathematics Instructional on Senior High School. Jisae: Journal of Education and Practice, 1(1), 65. https://doi.org/10.21009/jisae.011.05

Yuniar, M., Rakhmat, C., dan Saepulrohman, A. 2015. Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.

Zaiturrahmi, dan Fauziah. 2020. Analisis Tingkat Berpikir Kognitif pada Buku Bahasa Inggris Kelas XI. Jurnal Real Riset, 2(1), 35–43.


Article Metrics

Abstract view : 222 times | PDF view : 28 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License