ANALISIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/indonesia.v2i3.23971
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W. dan Krathwohl, D. R. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Cetakan Kedua (Terjemahan Agung Prihanto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyono, B., dan Adilah, N. 2016. Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. 1(1), 86–98.
Fanani, M. Z. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena, 2(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582
Hanifah, N. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS ) di Sekolah Dasar. Conference Series, 1(1), 1–8. http://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14286
Hewi, L., dan Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Panggabean, D. R., Angreini, T., Lubis, J. R., dan Ansari, K. 2019. Analisis Soal Berbasis HOTS ( High Older Thinking Skills ) dalam Buku Brilian ( Buku Ringkasan Materi dan Latihan ). Prosiding Seminar Nasional PBSI III, 59, 61–66. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38924
Ramly, R., dan Abduh, A. 2018. Exploring Cognitive Concepts in The National Assessment of the Indonesian Language. New Educational Review, 53(3), 142–152. https://doi.org/10.15804/tner.2018.53.3.12
Rurisfiani, A., Ramly, R., dan Sultan, S. 2019. Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37
Sofyan, F. A. 2019. Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Suvina, N., dan Ramly. 2020. Analisis Pertanyaan HOTS Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Terbitan Erlangga. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 39–45.
Tanujaya, B. 2016. Instrument Development of Higher Order Thinking Skill in Mathematics Instructional on Senior High School. Jisae: Journal of Education and Practice, 1(1), 65. https://doi.org/10.21009/jisae.011.05
Yuniar, M., Rakhmat, C., dan Saepulrohman, A. 2015. Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187–195.
Zaiturrahmi, dan Fauziah. 2020. Analisis Tingkat Berpikir Kognitif pada Buku Bahasa Inggris Kelas XI. Jurnal Real Riset, 2(1), 35–43.
Article Metrics
Abstract view : 1130 times | PDF view : 350 timesCopyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License