PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR

Hardiyanti Herman(1*), Ramly Ramly(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i2.21595

Abstract


Pengaruh Penggunaan Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Materi Cerita Pendek Siswa SMA Negeri 1 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi  instagram terhadap hasil belajar pengetahuan materi cerita pendek siswa SMA Negeri 1 Parepare. Penelitian ini adalah kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan one group pretes-posttest design. Data hasil penelitian diperoleh dengan dengan memberikan tes hasil belajar pada materi cerita pendek berbentuk pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian yaitu hasil belajar pretest sebelum diterapkannya aplikasi instagram dalam pembelajaran, keseluruhan siswa yang berjumlah 32 orang dan tidak ada satupun yang memperoleh nilai ketentuan kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan, hasil belajar posttest setelah diterapkannya aplikasi instagram dalam pembelajaran, 11 siswa memperoleh nilai ketentuan kriteria ketuntasan minimal dan 21 siswa hanya  mengalami peningkatan nilai. Berdasarkan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi  instagram berpengaruh baik terhadap hasil belajar pengetahuan materi cerita pendek siswa SMA negeri 1 Parepare.


Keywords


pengaruh, cerita pendek, aplikasi instagram

Full Text:

PDF

References


Fuad, A. M. 2019. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Listiawati, M. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Instagram Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Hasyim Asy’ari Pucuk Lamongan. Jurnal edu-kat, 102 (4).

Lindani, A. R. 2016. Potensi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) (Study Kasus di SMA Negeri 1 Bergas). Universitas Kristen Satya Wacana. repository.uksw.edu

Mandja, M. 2016. Penggunaan Aplikasi Instagram dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A di SMP Pantekosta Magelang Mengenai Materi Matematika tentang Faktorisasi Bentuk Aljabar. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Putri, E. A. 2013. Aplikasi Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. Universitas Pembangunan Nasional" Veteran.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Trimurti, Ayu Esta. 2018. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pemahaman Teknik Gambargrafi Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 11 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 720 times | PDF view : 240 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License