PENANAMAN KONSEP GAGASAN POKOK DENGAN MODEL SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN 10 KELAPA

Vegia Vanadya(1*), Aninditya Sri Nugraheni(2),

(1) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19472

Abstract


Penanaman Konsep Gagasan Pokok dengan Model Snowball Throwing di Kelas IV SDN 10 Kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman konsep dengan model Snowball Throwing di kelas IV SDN 10 kelapa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Snowball Throwing mampu meningkatkan penanaman konsep tentang materi gagasan pokok. Hal ini  dibuktikan dengan peningkatan  hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 mencapai 96% dari 25 orang siswa.

Keywords


gagasan pokok, bahasa Indonesia, Snowball Thowing

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., dan Hariyadi, H. 2018. Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1).

Anggraini, D. 2019. Penggunaan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menentukan Gagasan Pokok Siswa Kelas IV SD Islam Al-Chusnaini Kelopo Sepuluh. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5).

Antara, I. M. 2020. Peningkatan Prestasi Bahasa Indonesia dalam Menentukan Gagasan Pokok Paragraf dengan Metode Snowboll Throwing Siswa SMP Negeri 1 Petang. Suluh Pendidikan, 18(2).

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aqib, Z. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: yrama widya.

Handayani, S. A., Asri, S. A., dan Ayuningrum, S. 2020. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menentukan Gagasan Pokok Menggunakan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II.

Hamdayama, J. 2014. Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2(3).

Krismanto, W., Halik, A., dan Sayidiman, S. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).

Novayanti, E., dan Setiyadi, R. 2020. Pembelajaran Membaca Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Kelas V Sd Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(6).

Sugiyono. 2015. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suleman, H. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 12 Kabila. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 6(3).


Article Metrics

Abstract view : 313 times | PDF view : 149 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

         

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License