KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN MENCARI PASANGAN KARTU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Irna Munasirh(1*), Syamsudduha Syamsudduha(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Keefektifan Media Permainan Mencari Pasangan Kartu Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas kontrol yang belajar menggunakan media gadget, mengetahui hasil belajar keterampilan berbicara pada kelas eksperimen yang belajar menggunakan media mencari pasangan kartu; dan mengetahui apakah mencari pasangan kartu efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Perguruan Islam Ganra. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan mencari pasangan kartu efektif diterapkan  dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng.


Keywords


keefektifan, media pasangan kartu, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Gagne, R. M. 1970. The Conditins of Learning. (2nd ed). New York: Holt, Rinehart and Winston.

Nurda’ali, Z. 2017. Implementasi Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pencatatan Jurnal Khusus Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/132420701.pdf.

Subana, M dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Satia.

Sugiyono. 2017. Media Penelitian Pembelajaran Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umaryanti, Y. 2009. Penerapan Model Pembelajaran mencari pasangan kartu Untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Subah Kabupaten Batang. Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://slideplayer.info/slide/3158409/.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontestual konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 13 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License