KEEFEKTIFAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI

Irma Rahmayani(1*), Idawati Idawati(2),

(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Keefektifan Metode Karya Wisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan metode karya wisata dalam pembelajaran teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 24 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental. Data dalam penelitian ini merupakan data hasil belajar siswa. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman penelian menulis teks deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest, perlakuan dan postest. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes menulis teks deskripsi setelah diterapkan metode karya wisata memeroleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan sebelum diterapkan metode karya wisata. Hal ini ditunjukkan pada hasil tes siswa sebelum diterapkan metode karya wisata (pretest) yang hanya memperoleh nilai 75 sebagai nilai tertinggi. Sedangkan pada hasil tes setelah diterapkan metode karya wisata (postest), siswa memperoleh nilai tertinggi 85.

Keywords


keefektifan, metode karya wisata, teks deskripsi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahmawati, D. L. 2013. Penerapan Metode Karyawisata dalam Pembelajaran Menulis Karya Sastra (Cerpen). Anterior Jurnal, 13(1).

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sunarti, M. S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode Teknik dan Media Pengajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Tarigan, D. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 70 times | PDF view : 30 times

Copyright (c) 2021 INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)Ikatan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (IKAPROBSI) and Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP).

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

Email: jurnal.indonesia@unm.ac.id

 

Indexed by:

       

 

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License