Respon Pelatihan Teknik Budidaya Ubi Jalar Melalui Sistem Vertikultur Bagi Warga Desa Sokkolia, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Abd Muis(1*), St. Fatmah Hiola(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/iptek.v1i2.26102

Abstract


Abstrak. Sumber bahan pangan yang mengandung karbohidrat di Indonesia sangat beragam, diantaranya dari jenis umbi-umbian. Ubi jalar dikenal luas dikalangan masyarakat sejak dahulu dan telah dibudidayakan baik secara monokultur maupun sebagai tumpang sari dan tanaman sela. Budidaya tanaman ubi jalar secara vertikultur belum popular dan belum banyak dilakukan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan kepada warga tani tentang bagaimana belajar bududaya ubi jalar dengan sistem vertikultur. Kegiatan ini dilakukan di Desa Sokkolia Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan meliputi pengurusan perijinan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan melalui penyuluhan dengan metode ceramah, dan literasi leaflet, pelatihan dimulai dengan demonstrasi melalui penayangan video, dan unjuk kerja, serta tahap akhir dilakukannya kegiatan pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini adalah seluruh peserta memberikan respon yang sangat baik, hal ini ditunjukkan dari keinginan warga tani untuk menerapkannya di pekarangan rumah masing-masing dengan atau tanpa bantuan pihak lain serta bersedia mengajarkan kepada warga tani lainnya. Persentase hasil respon yang diperoleh menunjukkan pengetahuan peserta bertambah dari tidak mengetahui tentang sistem vertikultur menjadi tahu bagaimana membudidayakan tanaman secara vertikultur, terdapat 88,9% peserta menyatakan mau melakukan budidaya ubi jalar sistem vertikultur di pekarangannya, seluruh peserta (100%) menyatakan dapat melakukannya tanpa bantuan orang lain, dan 83,3% menyatakan mau mengajarkan hal yang baru diketahuinya kepada orang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa pelatihan PKM yang diberikan hingga pendampingan sangat bermanfaat bagi warga tani.  

Kata kunci: Budidaya, Vertikultur, Ubi Jalar, Warga Tani


Full Text:

PDF

References


Karama, S. 2003. Potensi, tantangan dan kendala ubi kayu dalam mendukung ketahanan pangan, p.1–14. Dalam: Koes Hartojo et al. (ed.). Pemberdayaan ubi kayu mendukung ketahanan pangan nasional dan pengembangan agribisnis kerakyatan. Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Suyamto dan Wargiono. 2009. Kebijakan Pengembangan Agribisnis Ubikayu.Hal. 3-25 Dalam (Wargiono, Hermanto dan Sunihardi) Ubikayu. Inovasi Teknologi dan Kebijakan Pengembangan. Puslitbangtan. Badan Litbang Pertanian.

Kuswardinah, A.. 2007. Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Semarang: UNNES Press

Adiratma R., E. 2004. Stop Tanam Padi, Memikirkan Kondisi Petani Indonesia dan Upaya Meningkatkan Kesejahteraannya. Penebar Sawadaya, Jakarta.

Prapanca., 2005. Bertanam Ubi jalar Organik di Kebun, pot dan Polibag. Penebar Swadaya. Jakarta.

Redaksi Trubus, 2009. Bertanam Ubi jalar di Lahan Sempit. Edisi revisi.. Penebar Swadaya. Jakarta.

Irwan, ZD. 2008. http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/

http://pustaka.litbang.deptan.go.id/inovasi/kl060201.pdf.

http://pustaka.litbang.deptan.go.id/berita.php?newsID=b111026


Article Metrics

Abstract view : 350 times | PDF view : 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.