Pengaruh Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Mahasiswa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/interference.v2i1.19646
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Anwar, M., Yusri, Y., Angreany, F., Syaputra, A. F., & Hasmawati, H. (2020). Project Based Learning Model in Teaching Deutsch Fűr Tourismus for Foreign Language Students. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 217-223.
Dalle, A. (2012). Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Jerman. Disertasi. UNJ-pascasarjana.
DW. 2016. Inilah Negara Terbaik di Dunia. Laman: http://www.dw.com/id/inilah-negara-terbaik-di-dunia/g-18997522 diakses pada tanggal 17 Desember 2019, pukul 16.47 WITA.
Gufron & Risnawita. (2010). Gaya Belajar, Kajian Teoritik. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Harianto, H., & Dalle, A. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BULUKUMBA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 2(1).
Hasanah, A. A. (2011). Penigkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Model Kooperatif Tipe Round Table pada Siswa Kelas Xa SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Yogyakarta: UNY,29.
Jaimun, D. N., Muddin, M., & Burhanuddin, B. (2019). Model Kooperatif Send a Problem dalam Keterampilan Menulis Kalimat Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(2).
Mantasiah, R., Yusri, Y., Syaputra, A. F., Angreany, F., Hasmawati, H., & Anwar, M. (2019, December). Assessing Mistake Potential in Writing German Passive Sentences (An Approach of Language Error Analysis). In Seminar Nasional LP2M UNM.
Riskayanti, R., & Asri, W. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 3(1).
Supantini, N. M., Utama, I. D. G. B., & Astika, I. M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas X SMA Negeri Satu Atap Tejakula Tahun Pelajaran 2016-2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2).
Syahputra, A. F., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Teknik Brainstorming Dalam Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).
Taiyeb, A. M., & Mukhlisa, N. (2015). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Pelajar Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanete Rilau. Bionature, 16(1).
Article Metrics
Abstract view : 786 times | PDF view : 210 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.