Pelatihan Penulisan Teks Berbahasa Inggris Bagi Pengajar Bahasa Inggris

Fatimah Hidayahni Amin(1*), Nurharsya Khaer Hanafie(2), Seny Luhriyani(3), Andi Riswan Mohamad(4), Himala Praptami Adys(5),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v23i1.62868

Abstract


Studi PKM ini bertujuan untuk memfasilitasi dan membekali peserta PKM dengan materi-materi menulis teks bacaan bahasa Inggris, yaitu teks deskfriptif, teks naratif, dan teks pengumuman, dan menghasilkan tulisan teks bahasa Inggris yang dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran bagi peserta didik. Ada lima metode yang dilakukan adalah analisis topik tulisan, penyajian contoh-contoh teks dan strukturnya, penentuan topik tulisan dan isiannya, penulisan, dan penyajian hasil tulisan teks. Berdasarkan hasil pelatihan PKM, ditemukan bahwa peserta dapat dengan mudah menuliskan ide-ide mereka dalam tulisan karena hasil pertimbangan pilihan topik sendiri, pengetahuan mengenai situasi dan kondisi terutama mengenai kemampuan peserta didik mereka, dan penggunaan bahasa dalam tulisan teks sesuai maksud yang sebenarnya dari penulis sebagai peserta PKM. Namun, terdapat kendala khususnya dalam pemahaman penggunaan tata bahasa Inggris di dalam menuliskan teks bacaan berbahasa Inggris. Sehingga, dirasa perlu untuk melakukan kegiatan monitor dan pendampingan untuk memeriksa penggunaan tata bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

 

Abstract. This PKM study aims to facilitate and equip PKM participants with materials for writing English reading texts, namely descriptive texts, narrative texts, and announcement texts, and produce written English texts that can be used as learning materials for students. There are five methods used, namely analyzing written topics, presenting examples of text and their structure, determining writing topics and content, writing, and presenting the results of written text. Based on the results of PKM training, it was found that participants could easily write down their ideas in writing due to consideration of their own topic choices, knowledge of situations and conditions, especially regarding the abilities of their students, and the use of language in written texts according to the true intentions of the writer as PKM participants. However, there is an obstacle, especially in understanding the use of English grammar in writing English reading texts. So, it is deemed necessary to carry out monitoring and mentoring activities to check the use of English grammar properly and correctly


Keywords


Writing English texts

Full Text:

PDF

References


Amin, FH, Hanafie, NK, Luhriyani, S, Jefri, R, Asfah, I. Pelatihan Berdialog Bahasa Inggris dengan Materi Kontekstual. 2023. HUMANIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 22 No.2, 98 - 104.

Braun, V. & Clarke, V. (2012) Thematic analysis. In H. Cooper, P. M. Camic, D. L.Long, A. T. Panter, D. Rindskopf, & K. J. Sher (Eds), APA handbook of research methods inpsychology, Vol. 2: Research designs: Quantitative, qualitative, neuropsychological, andbiological (pp. 57-71). Washington, DC: American Psychological Association

(PDF) Thematic analysis. Available from: https://www.researchgate.net/publication/269930410_Thematic_analysis [accessed May 18 2024].

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. White Plains: Pearson Education, Inc.

Istikharoh, Lutfi. (2019). English for Entertainment. Banyumas: Kemendikbud

Karim, Abdul, (2014), Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan. Vol. 2, No. 1, Juni 2014.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Bahasa Inggris SMA Kelas X. Jakarta

Listiani. (2019). English for Personal Communication. Banyumas: Kemendikbud.

Nation, P. (1997). The Language learning benefits of extensive reading. The Language Teacher, 21(5)13-17.

Prayudha J S. (2022). Jenis-Jenis Teks dalam Bahasa Inggris. Guepedia.

Tomlinson, B. (2008). English Language Learning Materials—A Critical Review. London: Continuum.

Wakhyuti, Titi. (2019). English for Social Communication. Banyumas: Kemendikbud.

Wilbers, Stephen. 2000. Keys to Great Writing. Kansas: Writers’ Digest Books.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: [email protected]


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .