Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berbahasa Inggris Melalui Kegiatan Pertemuan Bahasa Inggris
(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(4) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(5) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v23i1.62554
Abstract
Abstrak. This training aims to equip and train practical, active and interactive English language skills through English meetings for students at UPT SPF SMPN 40 Makassar, especially those who have an interest and desire to improve their English language skills. The activities carried out in this training were English Meeting and English Fun Day. The methods used are socialization, discussion, consultation, briefing, and group games. This training lasted for approximately four months. The results of this training show that students feel more interested in learning English which is packaged in English meetings with active, interactive, educational, and fun activities, and the material is appropriate to their daily lives. Through these two activities, students can explore and hone their English language skills, especially listening and speaking skills, and can add a lot of knowledge related to the material discussed
Abstract. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih kemampuan berbahasa Inggris secara praktis, aktif dan interaktif melalui pertemuan bahasa Inggris bagi siswa di UPT SPF SMPN 40 Makassar, khususnya yang mempunyai minat dan keinginan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan ini adalah English Meeting dan English Fun Day. Metode yang digunakan adalah sosialisasi, diskusi, konsultasi, pembekalan, dan permainan kelompok. Pelatihan ini berlangsung selama kurang lebih empat bulan. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa siswa merasa lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris yang dikemas dalam pertemuan bahasa Inggris dengan kegiatan yang aktif, interaktif, mendidik, menyenangkan, dan materinya sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Melalui kedua kegiatan tersebut, siswa dapat mengeksplorasi dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris khususnya kemampuan mendengar dan berbicara, serta dapat menambah banyak pengetahuan terkait materi yang dibahas.
Full Text:
PDFReferences
Amin, F. H., & Hikmah, S. (2015). Implementasi Teknik Pemberian Langsung dalam Pengajaran Percakapan Bahasa Inggris. Prosiding KOLITA 13: Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Ketiga Belas Tingkat Internasional, 105-109.
Amin, F. H., Asfah, I., & Luchriyani, S. (2019). Implementasi Debat Bahasa Inggris dengan Metode British Parliamentary. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Vol 2019, No 10. 627-630.
Amin, F H, Hanafie, N K., Luhriyani, S, Jefri, R, Asfah, I.
(2023). Pelatihan Berdialog Bahasa Inggris dengan Materi Kontekstual. HUMANIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 22 No.2. 98-104.
Mahmoud, A A, Al-Tunh, ZA, 2014, Using Games to to Promote Students’ Motivation towards Learning English, 2014, Vol 2 No.5, Journal of Al-Quds Open University for Educational and Psychological Research and Studies.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat H, Jon R B. 2023. Benefits and Challenges of Group Discussion as Creative Learning Strategies in Speaking Class. International Journal of Education and Curriculum Application. Vol 6 No.1 2023 https://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/13804
Selvianym. (2011). Persaingan Serta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Siswa Belajar Bahasa Arab. blogspot.com, http, 20-23.
Soghirun, M., Amin, F. H., & Weda, S. (2022). Students' Perception of Storytelling Technique in Enhanced Speaking Skill. Journal of Technology in Language Pedagogy (JTechLP) Vol. 1, No. 4, 487-499.
Sudarsih, S. (2019). Pentingnya Membangun Karakter Generasi Muda di Era Global. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3., 55-59
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Syukri, M., Mytra, P., & Amin, F. H. (2022). Building Community Through Local Drama Activities in the Classroom. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 25, No. 2, 358-365.
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangki, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara "Pemikiran dan Perjuangannya". Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional
Article Metrics
Abstract view : 8 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fatimah Hidayahni AmiN, Seny Luhriyani, Seny Luhriyani, Indrawaty Asfah, Indrawaty Asfah, Nurharsyah Khaer Hanafie, Nurharsyah Khaer Hanafie, Amirullah Amirullah, Amirullah Amirullah
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
DITERBITKAN OLEH:
Fakultas Ilmu Sosial
Universitas Negeri Makassar
Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Telepon 082395232077
E mail: [email protected]
DIINDEKSIKAN OLEH
DILISENSI OLEH:
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .