Pelatihan Ice Breakers Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPS di Kabupaten Barru

Supriadi Torro(1*), Bustan Bustan(2), Amirullah Amirullah(3), Ibrahim Arifin(4), Muh. Rasyid Ridha(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/humanis.v21i2.32905

Abstract


bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan serta kompetensi  bagi guru mata pelajaran IPS. Pelatihan dilakukan di sekolah selama 5 kali pertemuan. Pelatihan melibatkan guru yang tersertifikasi dan non sertifikasi.

Metodologi pelatihan adalah pemberian materi secara langsung, kemudian disajikan contoh-contoh icebreaking, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan icebreaking oleh guru secara berkelompok dan perorng.

Hasil pelatihan icebreaking menunjukan bahwa ada pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki oleh guru baik secara inddivvidu maupun secara kelompok. Baik model tunggal maupun model majemuk.


Keywords


Icebreaking, Kemptensi, Model majemuk, tunggal,

Full Text:

PDF

References


NADYA, A. (2020). IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.

Prahatamaputra, A. (n.d.). MENGGODA MINAT SAINS MELALUI ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN. KATA PENGANTAR, 98.

Pratiwi, P., Savitri, P. W., Qomariana, Y., & Dewi, A. (2016). Pelatihan public Speaking bagi Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Desa Sesetan.

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Santoso, B. (2010). Skema dan mekanisme pelatihan: panduan penyelenggaraan pelatihan. Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Setyani, M. R., & Ismah, I. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika ditinjau dari Hasil Belajar. Prosiding Senamku, 1, 73–84.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Supriadi Torro, Bustan Bustan

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

DITERBITKAN OLEH:

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Makassar

Kampus Gunung Sari, Fakultas Ilmu Sosial Lt.2, Jl. Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Telepon 082395232077

E mail: humanis01jurnal19@gmail.com


 

DIINDEKSIKAN OLEH

 

 

DILISENSI OLEH:

Lisensi Creative Commons
Humanis dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 .