Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Fathimah Az.zahra Nasiruddin(1*), Lisa Gabriella Rapa’(2),

(1) Universitas Bosowa
(2) Ubnversitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.32890

Abstract


Abstract. His research was conducted to know the impact of social media use on student learning achievement and how to overcome dependence on social media. This type of research is qualitative research with survey methods. The data collection technique used is to use questionnaires or questionnaires that are spread with several questions related to the impact of social media on student learning achievement. The results showed that students spend more time surfing social media. The most widely used social media are Whatsapp, Instagram, TikTok, youtube, Facebook, blogger, and Twitter. Students tend to get bored when not using social media because each social media has advantages that make its users. The intensity of social media use is, on average, more than 4 hours every day, and the media used to access social media is a smartphone. The impact of social media students uses social media to get information about knowledge, tips, and learning tricks that make it easier to do tasks to support their achievements. The way students to overcome the dependence on social media is to manage or manage time well, limit the use of social media, increase activities outside so that it is more minimized to open social media, by turn off notifications so that they can focus on doing tasks or other things that are being done.

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa dan cara mengatasi ketergantungan terhadap media sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket atau kuesioner yang disebarkan dengan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan dampak media sosial terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih banyak menghabiskan waktunya berselancar di media sosial. Media sosial yang paling banyak digunakan adalah whatsapp, Instagram, tiktok, youtobe, facebook, blogger dan twitter. Mahasiswa cenderung bosan ketika tidak menggunakan media social karena masing masing masing media social memiliki kelebihan yang membuat para penggunanya. Intensitas penggunaan media sosial tersebut rata-rata setiap hari lebih dari 4 jam dan media yang digunakan untuk mengakses media sosial tersebut adalah smartphone. Dampak dari media sosial mahasiswa menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi seputar pengetahuan, tips dan trik belajar yang mempermudah dalam mengerjakan tugas sehingga mendukung prestasinya. Cara mahasiswa untuk mengatasi ketergantungan terhadap media sosial yaitu dengan memanajemen atau mengatur waktu dengan baik, membatasi penggunaan media sosial, memperbanyak kegiatan di luar sehingga lebih meminimalisir untuk membuka media sosial, dengan mematikan notifikasi sehingga dapat fokus mengerjakan tugas atau hal lain yang sedang dikerjakan.

Keywords


Social media ; Learning achievement

Full Text:

PDF

References


Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8-14.

Arista, N. M. (2015). Studi Komparasi Perbandingan Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Remaja. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 2(2), 92-96.

Cahyono, Anang Sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia.

Fitri, S. (2017). Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 118-123.

Hidajat, M., Adam, A. R., Danaparamita, M., & Suhendrik, S. (2015). Dampak Media Sosial dalam Cyber Bullying. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 6(1), 72-81.

Mariskhana, K. (2018). Dampak media sosial (facebook) dan gadget terhadap motivasi belajar. Jurnal Perspektif, 16(1), 62-67.

Nasiruddin, F. A. Z., & Basri, S. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 18(2), 1153-1160.

Nasiruddin, F. A. Z., & Basri, S. (2020). The Implementation Of A Local School Through The Local Citistics Of Calistung Method As A Tri blind, Alleviation Efforts In Toddopulia Village Tanralili District, Maros Regency. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(1), 16-20.

Nasiruudin, F. A. Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Terhadap Pengenalan Lambang Bilangan Romawi Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Maros. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(3), 21-29.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23-31.

Nurjanah, Listia. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Mahasiswa Di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 8. No. 3

Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18-29.

Sunarto, A. (2017). Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 10(2).

Suryaningsih, Anik. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, UKSW Salatiga.

Wibisono, Taufik & Mulyani, Yani Sri. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Akademik Pelajar Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ekonomi Manajemen 4(1)


Article Metrics

Abstract view : 1614 times | PDF view : 391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fathimah Az.zahra Nasiruddin, Lisa Gabriella Rapa’

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0