Pengaruh metode membaca Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Kelompok Bermain Idaman Kabupaten Maros

Auliya Rahmah(1*), Parwoto Parwoto(2), Azizah Amal(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.26686

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of Glenn Doman's reading method on the early reading ability of children aged 5-6 years in idaman play group in maros district. The approach used in this research is a quantitative approach with a Quasi Experiment Design type of research. The population in this study was class B of the Maros Regency Ideal Play Group amounted to 12 children who were divided into a control class and an experimental class and the sampling in this study was using a simple random sampling technique. The data collection technique used is the test. The analysis technique used is descriptive analysis technique and nonparametric statistical analysis technique. Based on the results of the research, the Tcount obtained is 12 and Ttable is 2,228, so Tcount 12>Ttable 2,228 = H1 is accepted and H0 is rejected. While the Zcount value obtained is 0.3151 and Ztable is 0.1368, then Zcount is 0.3151 > Ztable 0.1368 = H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is an influence of Glenn Doman's reading method on the early reading ability of children aged 5-6 years in idaman play group in maros district.

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode membaca Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Kelompok Bermain Idaman Kabupaten Maros. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas B Kelompok Bermain Idaman Kabupaten Maros berjumlah 12 anak yang dibagi kedalam kelas kontrol dan kelas eksperimen dan pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian nilai Thitung yang di peroleh yaitu 12 dan Ttabel yaitu 2,228 maka diperoleh Thitung 12>Ttabel 2,228 = H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh yaitu 0,3151 dan Ztabel yaitu 0,1368 maka di peroleh Zhitung 0,3151 > Ztabel 0,1368 = H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh metode membaca Glenn Doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Kelompok Bermain Idaman Kabupaten Maros.

Keywords


early reading skills; Glenn Doman method

Full Text:

PDF

References


Ani, dan Fitria, E. 2019. Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: jurnal pendidikan anak usia dini. Volume 10, No.1, Juli 2019, 11-23.

Firdaus, K. N., Indahwati. L., Wati, L. R. 2019. Perbedaan Efektifitas Stimulasi Bahasa Metode Glenn Doman Melalui Flash Card Bergambar Dan Flash Card Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah Di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Journal of issues in midwifery, 3(3), 88-96.

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. 2019. Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar ilmu, 24 (3), 270-276.

Hadini. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal empowerment, 6(1), 19-24.

Indria, VP, Sumarsih, S., & Agustriana, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSI, 2 (2), 95-100.

Ita, E., Laksana, DNL, & Kembo, MR (2021). Aspek pengembangan bahasa PAUD. Aspek pengembangan anak dini, 55.

Puspitorini, T.D. 2018. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal care: children advisory research and education, 5 (2), 41-51.

Safitri, D. I. 2019. Pengaruh Bermain Flashcard Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Surya Bahari Lampung Timur (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sulistyawati, E.E., & Sujarwo, S. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Video Compact Disc Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, 3 (1), 28-37.

Yulianti, D., Hafidah, R., Dewi, N. K. 2019. Pengaruh metode membaca glenn doman terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun, 7(4), 403-415.

Zulianingsih, L., Imani Khan, R., & Yulianto, D. 2020. Media Putaran Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Seling: jurnal program studi PGRA, 6 (2), 115-122.


Article Metrics

Abstract view : 195 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Auliya Rahmah, Parwoto Parwoto, Azizah Amal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0