Meningkatnya Motivasi Belajar Anak Usia Dini (AUD) Melalui Pembelajaran Sains

Eliamah Eliamah(1*), Wahira Wahira(2), Kahrul Alam(3),

(1) TK Islam Plus Ceria Kota Malang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.26495

Abstract


This study aims to determine the impact of applying science learning in early childhood classes to increasing early childhood learning motivation (IEC) in TK ISLAM PLUS CERIA Malang. The type of this research is classroom action research with the research subject is Early Childhood Education group B in ISLAM PLUS CERIA Kindergarten in the even semester of the 2020-2021 academic year, totaling 15 children. Data collection was carried out through observation and question and answer by applying the Problem Based Learning (PBL) learning model in science learning activities. The data obtained were analyzed using the theory of learning motivation. So that the results obtained that through playing science activities, can increase early childhood learning motivation.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak menerapkan pembelajaran sains di kelas paud terhadap meningkatnya motivasi belajar Anak Usia Dini (AUD) di TK ISLAM PLUS CERIA Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah Anak Usia Dini (AUD) kelompok B di TK ISLAM PLUS CERIA pada semester genap tahun ajaran 2020-2021 yang berjumlah 15 anak. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan tanya jawab dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada aktivitas pembelajaran sains. Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan teori motivasi belajar. Sehingga diperoleh hasil bahwa melalui aktivitas bermain sains, dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini.

 

 

Keywords


Motivasi Belajar; Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF

References


Chomariah N, 2016. Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. https://profi l.staiypbwi.ac.id/ foxtort -service/. Diakses pada 3 November 2021

Holyyah · 2013. Pelajaran Sains (IPA). http://digilib.uinsby.ac.id:KTSP.Kurikulum tingkat satuan pendidikan. diakses pada 30 Oktober 2021

Meilani, 2019. Penyususnan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan

Munawaroh, 2019. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan

Nurani, 2019. Pendekatan Pembelajaran di Lembaga PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan Om.makplus, 2016. Definisi atau Pengertian

Motivasi Belajar. http://www. definisi-pengertian.com/2016/01/ definisi-pengertian-motivasi-belajar. html diakses pada 30 Oktober 2021

Pratiwi N, 2019. Materi dan Kegiatan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta:Kementerian Pendidikan Dan Kebudyaan

Priyanto A, 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini MelaluiAktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru“COPE”, No.02/Tahun XVIII/ November 2014 Diunduh pada 3 Oktober 2021

Sobur, A. 2013. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia


Article Metrics

Abstract view : 935 times | PDF view : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eliamah Eliamah, Wahira Wahira, Kahrul Alam





https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0