Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkala
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i3.40348
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. F., Ramlawati., Yani. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Ppt Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 27 Makassar. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 2. No. 2.
Bonga, Andi., Tawil, M., Sudarto. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal IPA Terpadu. Vol. 1. No. 1.
Cahyo, N. Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva press.
Hasan, A. Z., Ramlawati., Maming, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Terhadap Keterempilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 2 Lilirilau (Studi Pada Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu. Vol. 2. No. 2.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, R. I. (2017). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017Kelas VIII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lete, M., Sutopo, & Yuliati, L. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Topik Tekanan Hidrostatis, Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, 2016, ISBN 978-602-9286-21-2.
Oktofika, Ega., Medriati, R., & Swistoro, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Discovery Learning. Jurnal Kumparan Fisika. Volume 1. Nomor 1.
Ratnasari., Yuni, R., & Erman. (2017). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Ipa Materi Zat Aditif Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Smp. E-Jurnal Pensa. Volume 5. Nomor 3.
Roestiyah., & Suharto, Y. (1985). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sari, N., Darmadi, I. W., & Saehana. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Berbantuan Simulasi Komputer dengan Model Konvensional di SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Tadulako. Vol 5 (3).
Susanti, Eva., Jamhari, M., & Sulaiman, S. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas viii tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 5 Nomor 3.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widiadnyana,I.W., Sadia, I. W., & Suatra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA DAN Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4.
Article Metrics
Abstract view : 61 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ikhlas Dwi Ariyanto, Ramlawati Ramlawati
Email: [email protected]
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.