Penerapan Model Learning Cycle 7e terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII di DDI Galesong Baru Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/cse.v1i3.40338
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andani, Utami. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Koloid di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Pekanbaru: Journal of Natural Scince and Integration, 58.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, Z., Rusilowati, A., & Sukisno, M. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, 32.
Delismar, Ashyar, R., & Hariyadi, B. (2013). Peningkatan Kreativitas Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Group Investigation. Journal Edu Sains, 27.
Einsenkraft, A. (2003). Expanding The 5E Model. Journal Of The Science Teacher, 58.
Erwinta Ratna Ningsih, (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Statistika. Journal Edu Sains, diakses pada tanggal 26 juni 2022.
Hariyanti, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Organisasi Tingkat Jaringan Peserta Dididk Kelas XI IPA. Journal Edu Sains, 74.
Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Purwanto. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, A.H., & Anggraeni, P. 2017. Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 5 No. 2, Oktober. ISSN: 2337-9227.
Rahman, A., Wahyuni, I., & Rifqiawati, I. 2017. Profil Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa di SMP Satu Atap Pulau Tunda. SEJ vol. 7 no. 1 Juni 2017. E. ISSN: 2407-4926.
Ratumanan, T. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sifah, L., & Sumarno. 2016. Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-14020-3-0.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Pada Guru Dan Siswa SMP. Laporan Penelitian IKIP.
Sutrisno, W., Dwiastuti, S., & Karyanto, P. (2012). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, 2.
Tawil, M., & Liliasari. (2014). Keterampilan- Keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Tiro, M. A. (2008). Dasar- Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 38 times | PDF view : 5 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hajariah Hasbullah, Ramlawati Ramlawati, Arie Arma Arsyad
Email: [email protected]
Indexed by:
CSE: Celebes Science Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.